Kampus Merdeka: Strategi Sukses di Masa Depan Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

        Pejuang Kuliah, sekarang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan program baru, loh! Nama programnya adalah Kampus Merdeka. Apa itu Kampus Merdeka? Jadi, sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dibentuk sebagai wadah atau sarana untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai latihan penunjang karier di masa depan.

logo kampus merdeka

Sumber: https://www.its.ac.id/kimia/id/merdeka-belajar-kampus-merdeka/


        Sederhananya, Kampus Merdeka mengadakan berbagai macam program yang bisa kamu ikuti sesuai jurusan maupun lintas jurusan. Diantara semua program Kampus Merdeka, saat ini yang paling diincar oleh mahasiswa seluruh Indonesia adalah program Magang Merdeka, Studi Independen, dan Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI).


Bedanya Magang Kampus Merdeka, Studi Independen, dan KMMI itu apa, sih? KMMI merupakan pembelajaran dalam bentuk kursus hard skill dan soft skill dengan jangka waktu singkat serta dilaksanakan oleh universitas tertentu secara daring. Jenis hard skill dan soft skill yang diajarkan pun sangat beraneka ragam, tergantung dari bidang KMMI yang dipilih oleh pesertanya. Misal di batch pertama itu ada kursus Exploring Network Infrastructure, soft skill yang dilatih berupa kemampuan berpikir kritis dan problem solving sedangkan untuk hard skill pada saat praktik di aplikasi cisco packet tracer.


Sumber: Photo by Sigmund on Unsplash


        Studi Independen sebagai metode baru belajar di luar aktivitas perkuliahan namun tetap menjadi bagian dari proses perkuliahan yang diselenggarakan oleh perusahaan pilihan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Studi Independen bisa menjadi alternatif mahasiswa untuk belajar secara daring namun bukan dalam ruang akademik perguruan tinggi. Mengapa begitu? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Studi Independen diselenggarakan langsung oleh perusahaan pilihan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sertifikasi yang diberikan juga sudah pasti sah dan berlaku untuk sebagai pendukung/bukti dari keahlian kalian dalam suatu bidang. Keren, ya!


        Sedangkan Magang Kampus Merdeka memberikan pengalaman bagi mahasiswa bagaimana praktik kerja di perusahaan sesuai karier impian kalian selama 1-2 semester. Keuntungan dari program Magang Kampus Merdeka adalah kegiatannya bisa di convert sebesar 20 SKS sehingga tidak perlu khawatir double SKS wajib dari kampus dengan kegiatan Magang Kampus Merdeka. Magang Kampus Merdeka dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan; ada yang full WFO, full WFH, maupun keduanya secara bergantian.


        Menarik, bukan? Kalian bisa memanfaatkan tiga program unggulan Kampus Merdeka ini sebagai jalur pendukung keberhasilan dalam mencapai karir impian setelah lulus nanti. Luangkan waktu 1-4 semester untuk fokus pada program Kampus Merdeka. Buat perencanaan untuk mengikuti program KMMI terlebih dahulu, dilanjut dengan Studi Independen dan Magang pada semester selanjutnya. Sangat disarankan untuk mengikuti ketiga programnya di bidang yang sama. Mengapa?


        KMMI bisa menjadi akar yang kuat jika dilaksanakan dengan niat dan keseriusan. Kalian akan mempelajari bidang yang kalian pilih mulai dari dasar. Setelah itu, kalian bisa daftar program Studi Independen di semester berikutnya. Terakhir, barulah kalian bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan sebelumnya pada saat terdaftar sebagai peserta Magang Kampus Merdeka. Pilih perusahaan yang memiliki keterkaitan dengan tujuan dan rencana kalian.


        Jangan sampai ketinggalan, ya, Sobat PK! Selalu pantau update terbaru mengenai Program Kampus Merdeka di akun Instagram @kampusmerdeka.ri atau klik di sini.





keyword: kampus merdeka, magang, KMMI, studi independen, mbkm, merdeka belajar kampus merdeka



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Tarizka Ozzi Pratiwi)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.