Bingung Mau Belajar Toefl Dimana? Yuk Simak 7 Situs Ini Dijamin Gratis

 Bingung Mau Belajar Toefl Dimana? Yuk Simak 7 Situs Ini Dijamin Gratis

Designed by canva

Kalian pasti khawatir dengan persaingan global yang semakin ketat. Banyak lowongan pekerjaan atau beasiswa yang mengharuskan pendaftarnya memiliki sertifikat TOEFL (Test of English As a Foreign Language). Dengan mengikuti tes TOEFL, kemampuan seseorang bisa diukur melalui hasil skornya. 

Ada 3 jenis TOEFL, yaitu paper-based TOEFL (tes menggunakan kertas), CBT TOEFL (menggunakan komputer), dan iBT (berbasis internet). Saat ini yang diakui secara internasional adalah TOEFL iBT. Sebelum mengambil tes TOEFL, ada baiknya jika kita mempelajari materinya terlebih dahulu. Situs belajar TOEFL gratis antara lain:

  1. Learn4good.com

learn4good.com menjelaskan secara mendetail mengenai tujuan tes TOEFL, penjelasan mengenai TOEFL berjenis iBT, cara penilaian, jumlah pertanyaan di tiap sesi dan waktu untuk menyelesaikan tes. Dalam situs tersebut juga disediakan berbagai macam jenis soal yang sudah dikelompokkan berdasarkan sesi reading dan writing tersedia secara gratis. Terdapat pula soal-soal latihan yang sudah dibagi dalam topik-topik tertentu, misalnya mengenai adjective clause adverb clause, dan sebagainya. Situs ini menyediakan contoh 11 tes singkat dengan 25 pertanyaan di setiap tes serta 17 bagian latihan-latihan singkat. 

  1. Examenglish.com

Examenglish.com menyediakan informasi mengenai tempat-tempat untuk melaksanakan tes TOEFL iBT secara online, biaya yang diperlukan, serta tips-tips lainnya yang cukup bermanfaat. Soal-soal latihan yang dibagi ke dalam 5 kategori, yaitu readinglisteningspeakingstructure, dan vocabulary

Untuk reading, terdapat 4 bagian soal berbeda yang masing-masing terdiri dari 12-14 soal yang harus dijawab berdasarkan sebuah paragraf panjang dengan jumlah kata kira-kira 700.

Untuk soal latihan speaking, terdapat 6 bagian dengan masing-masing bagian memerlukan 20 menit. Setiap jawaban kalian akan direkam dan kemudian dinilai.

Untuk soal latihan listening, terdapat 5 lectures dan 3 conversations. Lalu, kalian harus menjawab 6 pertanyaan dari lecture dan 5 pertanyaan dari conversation. Untuk menyelesaikan seluruh sesi, kalian membutuhkan waktu hanya sekitar 60-90 menit.

Di bagian vocabulary, kalian juga dapat belajar lebih lanjut mengenai berbagai kata yang perlu diketahui dan sering muncul dalam tes TOEFL. Biasanya kata-kata ini merupakan istilah akademik, terdapat 10 grup istilah yang dapat kalian pelajari.

  1. Metacafe.com

Metacafe.com merupakan situs yang menyediakan berbagai macam video  dalam mempelajari TOEFL. Di dalam video berdurasi singkat yang kurang dari 10 menit dan kalian mendapatkan pengetahuan lebih mengenai tips-tips meraih skor yang tinggi dalam tes TOEFL. 

  1. Engvid.com

Pada engvid.com terdapat berbagai macam video yang sudah dikategorikan berdasarkan levelnya, yaitu level 1 untuk pemula (beginner), level 2 untuk menengah (intermediate), dan level 3 untuk lanjutan (advanced). Terdapat pula 11 guru yang bisa kalian pilih.

  1. English-test.net

Situs english-test.net menyediakan berbagai macam fasilitas seperti soal-soal latihan, guide untuk pembelajaran bahasa Inggris, contoh-contoh esai yang mirip dengan esai pada tes TOEFL, flashcardpractice test, juga forum untuk berdiskusi. Latihan-latihan soal yang disediakan juga difasilitasi dengan pemberian nilai, sehingga Anda bisa memperkirakan sendiri sejauh apa kemampuan TOEFL Anda sudah berkembang. Selain itu, situs ini juga menyediakan artikel-artikel yang menjelaskan grammar secara runtut.

  1. Testmagic.com

testmagic.com, terdapat 210 soal-soal contoh structure yang dibagi menjadi 10 soal per bagian. Setelah menjawab keseluruhan soal, jawaban akan langsung dinilai dan ditampilkan beserta dengan perkiraan skor TOEFL. Selain itu, dalam situs ini terdapat contoh mengenai beberapa topik esai pada TOEFL dan juga penjelasan-penjelasan atas pertanyaan dalam beberapa buku TOEFL.

  1. Toeflibtcourse.com

Situs toeflibtcourse.com, pengunjung disediakan contoh latihan secara menyeluruh, mencakup reading, listening, speaking, dan writing. Untuk bagian reading, terdiri dari 4 bagian dengan 39 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 1 jam. Bagian listening, ada 6 pembicaraan yang digunakan untuk menjawab 34 pertanyaan dalam waktu 45 menit. Bagian speaking, kalian akan diminta respon mengenai 2 percakapan, 2 lectures, dan 2 pembicaraan dalam topik akademik. Bagian writing terdapat 2 bagian yang menguji kemampuan kalian merangkai kata dalam bahasa Inggris.

Itulah situs yang dapat digunakan untuk belajar TOEFL secara gratis. Jangan lupa untuk rutin berlatih di situs-situs tersebut untuk mempersiapkan tes dan mendapat hasil yang memuaskan.

Sumber :

Anonim, 2021, 7 Situs untuk Belajar TOEFL Secara Gratis, https://www.tipsbelajarbahasainggris.com/situs-untuk-belajar-toefl/, diakses tanggal 13 Oktober 2021 pukul 13.00.

Keyword : TOEFL Gratis, English, Bahasa Inggris


Imanuela Sagita Listi


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.