Jurusan IPA yang Makin Hits di Masa Depan? Ada, dong!

Hola, sobat pejuang kuliah! Kalian masih bingung mau milih jurusan apa? Apalagi jurusan di Indonesia kan beragam banget kayak dari Sabang sampai Merauke. Nah, mungkin saja jurusan ini bisa jadi pilihanmu!

Sumber : pexels/Marcelo Chagas


Semakin kesini semakin bimbang banget mau ambil jurusan apa, takutnya nanti malah prospek kerjanya kurang kencang buat kedepannya. Eh, ini dia jurusan yang mungkin cocok untuk kamu pertimbangkan!


1. Kedokteran

Jurusan ini kayaknya nggak perlu diragukan lagi bakalan selalu nangkring teratas dari jurusan IPA lainnya. Hal ini tidak lain karena memang prospek kerja jurusan kedokteran masih amat diperlukan beberapa tahun mendatang. 

Apalagi di zaman pandemi seperti sekarang, jurusan ini sudah pasti membutuhkan banyak tenaga kerja baru. Jurusan satu ini seperti tidak akan mati dimakan usia. Jadi, sangat worth it banget buat kamu ambil jurusan ini, ya kan?

2. Farmasi

Jurusan yang berbau kesehatan satu ini juga diprediksi akan terus dicari. Secara dunia kesehatan tidak akan berhenti berinovasi, lho.

Kamu tahukan vaksin dibuat oleh orang yang bekerja di dunia apoteker? Sudah pasti lulusan farmasi akan diperlukan, baik untuk sekarang maupun di masa depan. Apalagi sekarang lulusan farmasi tidak hanya dibutuhkan di bidang kesehatan namun juga di bidang kecantikan seperti skincare.

3. Psikologi

Jurusan yang ada di fakultas kedokteran ini juga diprediksi akan semakin hits, pejuang kuliah! Sekarang zaman anak-anak muda yang aware terhadap kesehatan mental. Bisa dipastikan lulusan psikologi, khususnya psikolog akan sangat diperlukan jasanya.

Hampir di berbagai media sosial, banyak generasi muda yang menyuarakan betapa pentingnya kesehatan mental melalui campaign-campaign. Bisa kamu lihat bukan peluang lulusan psikologi masih sangat bagus?

4. Teknik Sipil

Di teknik sipil kamu akan belajar bagaimana cara merancang dan membangun konstruksi. Indonesia sedang dalam tahap-tahap pembangunan, lho. Makanya jurusan Teknik Sipil ini tetap akan dibutuhkan kedepannya.

Proyek-proyek pembangunan gedung, perkantoran, jalan dan berbagai hal lainnya membutuhkan lulusan teknik sipil untuk merealisasikannya.

5. Teknik Mesin

Lulusan teknik mesin bisa banget bekerja di perusahaan otomotif, produksi, transportasi dan pembangkit energi. Pasalnya jurusan teknik mesin ini mengarah pada sistem mekanik.

Seperti namanya, kamu akan berkutat dengan mesin-mesin. Dengan penemuan-penemuan yang semakin banyak, jurusan ini akan tetap dibutuhkan, lho. 

6. Teknik Informatika

Jurusan satu ini memang lagi gencar-gencarnya diburu oleh calon mahasiswa. Dunia dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang informatika.

Lulusan ini memiliki banyak prospek kerja, salah satunya menjadi programmer. Kamu juga tahu bukan teknologi akan semakin berjaya ke depannya? Makanya jurusan teknik informatika ini akan selalu dicari di masa depan.

Nah, pejuang kuliah bagaimana menurut kalian jurusan-jurusan di atas? Bisa nih dijadikan pertimbangan buat milih jurusan ketika SNMPTN dan SBMPTN nanti!




Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.