Belajar Bahasa Inggris Autodidak? Kepoin 4 Channel Youtube Berikut ini!


Halo Sobat PK!
Kali ini Mimin bakalan spill the tea bagi Sobat PK yang ingin belajar bahasa Inggris. Nah menurut teman-teman, belajar bahasa Inggris itu penting gak sih? 
Kalau bagi Mimin sih penting banget, ya. Kalau gak penting, buat apa kita sudah disuguhi mapel bahasa Inggris sejak SD, iya kan? Bahkan ada juga sekolah internasional yang menginginkan siswanya mampu berbahasa Inggris. Jadi, kenapa sih bahasa Inggris itu penting untuk dikuasai? 
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang menjadi bahasa resmi di 53 negara di dunia dan dianggap sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan warga asing. 
Selain itu, di zaman sekarang jika kita sudah memiliki skill dalam berbahasa Inggris, maka dapat menjadi poin tambahan untuk dipertimbangkan oleh HRD, sebab skill berbahasa Inggris sangatlah dibutuhkan di dalam dunia pekerjaan.
Meski kita sudah belajar bahasa Inggris sejak kecil, tapi terkadang masih sangat susah untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab kita terlalu banyak menelan teori daripada praktik. Maka dari itu, teman-teman jangan khawatir! Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar dan terus belajar sampai bisa, baik belajar melalui private course, sekolah khusus, maupun secara autodidak. 
Untuk menghemat biaya atau bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya, kita bisa belajar bahasa Inggris secara autodidak saja. Belajar autodidak bisa melalui banyak cara, seperti membaca buku, mengunduh aplikasi bahasa Inggris di Smartphone, mengobrol dengan warga asing, menonton Youtube, dan lain sebagainya. Nah, di sini Mimin ingin nge-spill 4 rekomendasi channel Youtube yang cocok jika ingin belajar autodidak, berikut ini:

Adakah yang belum kenal EnglishClass 101? Nah, EnglishClass 101 ini adalah sebuah platform digital yang dibuat untuk menyediakan layanan kursus bahasa Inggris secara online. Tentunya, yang namanya kursus pasti membutuhkan biaya untuk bisa mengikuti pembelajarannya. 
Namun tenang saja, teman-teman bisa menonton video pembelajaran secara gratis di laman Youtube-nya karena EnglishClass 101 juga membuat banyak video yang tak kalah bermanfaat. Channel ini cukup baik dalam menjelaskan tentang grammar (penguasaan tata bahasa) dan ekspresi umum dalam bahasa Inggris. Materi yang disampaikan pun mudah dimengerti bahkan untuk seorang pemula yang ingin belajar.

 
Shaw English dijalankan oleh seorang guru bahasa Inggris bernama Robin Shaw yang juga menampilkan tim presenter. Pembelajarannya dibuat dengan artikulasi yang sangat jelas dan diucapkan secara perlahan sehingga mudah dipahami. 
Namun di channel ini, Mimin lebih menyarankan bagi teman-teman yang benar-benar ingin belajar bahasa Inggris dengan serius (pelajar tingkat lanjutan). Sebab video pembelajarannya pun sangat serius (bukan didesain dengan bentuk hiburan) sehingga jika yang ingin belajar dengan santai akan merasa cepat bosan.

Jika ingin belajar tentang vocabullary atau kosakata, teman-teman bisa kepoin channel ini. Selain itu, kontennya juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang jelas sehingga kita bisa dengan mudah mengikuti materinya.

Jika teman-teman adalah pemula dan ingin mempelajari beberapa kosakata yang berguna, maka channel ini sangat cocok untuk ditonton. Sesuai nama channel-nya, kontennya sudah pasti berupa percakapan sehari-hari yang sangat dibutuhkan; seperti ketika menanyakan arah, berbelanja bahan makanan, atau sekadar memberi tahu seseorang bahwa makanannya enak.
Channel ini mencakup semua topik umum yang perlu diketahui oleh setiap orang yang ingin belajar. Selain itu, kita dapat mendengarkan percakapan dengan kecepatan normal atau lambat, yang tentunya juga sangat cocok untuk pemula; dan juga di akhir, bahkan ada daftar kata-kata yang umum digunakan yang bisa kita hafalkan.

Jika ingin menguasai sesuatu, tentunya membutuhkan niat dan usaha yang sungguh-sungguh. Dari situ diperlukan waktu yang tidak sebentar dan komitmen dari diri sendiri sehingga harus konsisten agar bisa fasih dan lancar.
Perlu diingat juga bahwa kita juga perlu menonton sambil mencatat hal-hal yang penting agar mudah masuk ke otak dan nantinya bisa dibaca ulang. Selain itu, kita juga perlu melakukan praktik agar lebih cepat menguasainya. Semoga bermanfaat!  

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Sibghoo_)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.