Membongkar Seluk Beluk Jurusan Psikologi, Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Jurusan Psikologi adalah jurusan yang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Psikologi sendiri adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog.

Menjawab Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Terkait Jurusan Psikologi
Ilustrasi diskusi - by Mark Pecar - Unsplash

Nah, di artikel kali ini, mimin pengen membongkar dan membahas seluk beluk jurusan psikologi dengan menjawab beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan dan jawaban ini merupakan rangkuman dari proses sharing jurusan yang Pengen Kuliah selenggarakan di Grup Komunitas Pejuang Kuliah. Seru bukan? Jika kamu juga tertarik ingin bergabung, follow instagram @pengenkuliah dan DM admin untuk request masuk ke grup.


Materi Yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

Materi yang di pelajarin di psikologi tuh gimana? Terus tugas-tugasnya tuh kaya gimana? Banyak praktik atau tugas tugas yang di print gitu?

Good question✨

Di psikologi itu pastinya belajar materi yang ada psikologinya. Misalnya psikologi olahraga, psikologi forensik, psikologi sosial, dan banyak lagi. Tapi meski begitu, tetap ada pelajaran yang berhubungan dengan hitung-hitungan.

Tugasnya macem-macem ya, meski lebih banyak teori tapi akan ada praktek juga. Nah prakteknya ini misalnya penelitian ke sekolah inklusi. Ada juga praktek memberikan instruksi Tes. Dan banyak lagi,,

Matkulnya juga ada banyak yaa. Yang pasti ada psikologinya. Kaya psikologi sosial, psikologi klinis dll. Tapi belajar juga mata kuliah dasar kaya filsafat, bahasa inggris dan PPKN.

Matkulnya banyak loh, di salah satu Universitas ada matkul kesehatan mental, teori kepribadian, dasar konseling, alat tes kepribadian, psikometri, intervensi psikologi, dll pokoknya asik banget deh masuk psikologi.


Wah, kalo hitung-hitungan sesulit materi utbk ga ya kak?

Kalo itu tergantung dari kitanya ya 🤭

Kalo dari aku pribadi, masih mudah hitung-hitungan di jurusan psikologi dibandingkan UTBK. Karena kalau di psikologi mata kuliahnya fokus ke satu bahasan. Misalnya statistika atau psikodiagnostik.

Kalau UTBK kan luas banget ya hitung-hitungannya. Mungkin ada teman-teman yang merasanya lebih mudah hitung2 an UTBK juga ya. Jadi pasti beda-beda.


oiya, psikometri itu apa si ka?

Psikometri itu mata kuliah psikologi di mana kita mempelajari skala, alat ukur dan instrumen penelitian psikologi. Jadi nanti kita bikin alat tes nih kaya yang biasa ditemuin pas tes kepribadian, tes IQ dll ☺️


Apa Perbedaan Psikologi IPA Saintek dan Psikologi IPS Soshum?

Kak, mau tanya nih, bedanya psikologi yg ipa sama psikologi yang ips tuh gimana kak?

Kalau psikologi ipa dan ips secara umumnya sama yang dipelajari. Hanya saja beda di fokusnya, kalau psikologi ips lebih ke mata kuliah sosial, kalau psikologi ipa lebih ke mata kuliah ipa (biologi, kimia dll). Sama ujian masuknya yaa yang beda, ada yg soshum dan ada yang saintek.


Harus SMA atau bisa SMK?

kak mau tanya kalau mau masuk psikologi tu harus dari sma atau bisa dari smk?? makasi

Bisa dari SMK juga ya ikut UTBK atau mandiri gitu. Temenku juga ada yang dr SMK lolos jalur SBMPTN.


Prospek Kerja dan Kegiatan Mahasiswa Jurusan Psikologi

Terus kalo prospek kerja nya gimana kak? Terus pas selama kuliah kaya ada apa aja selain kelas materi sama tugas/praktik?

Biasanya prospek kerja nya selain jdi guru BK apa si ka ?? Soalnya aku nanya ke ibu atau guru ku pasti jawabnya kek gitu :(((

Prospek kerjanya banyak banget. Bisa jadi asisten psikolog, jadi ilmuan, jadi dosen, jadi HRD, jadi psikolog klinis, jadi tester, jadi psikolog forensik juga bisa... Dan lain-lain. banyak banget ya 🤭

Selama kuliah ada juga panelitian kecil-kecilan biasanya. Misalnya kita neliti tentang kepribadian keluarga di rumah.


Biaya Kuliah dan Biaya Tugas Kuliah

biaya kuliah psikologi mahal ga si ka?

Kalo ini tergantung kamu masuknya di jalur apa. Kalau jalur sbmptn dan snmptn kan ga ada uang pangkal/sumbangan jadi biasanya lebih murah dibandingkan jalur mandiri.

Tapi nanti akan dilihat juga dari total penghasilan orang tua kamu. Pastinya kampus akan mempertimbangkan secaramatang supaya bijak dalam menarik biaya ☺️

Biaya buat tugas-tugasnya mahal gak kak?

Untuk biaya tugasnya sendiri ga mahal ya. Paling kita ongkos transport aja kalau mau penelitian ke suatu tempat. Oh iya, plus biaya fotokopi, beli atk dan keperluan dasar kuliah 😁

Dan biasanya dosen selalu mempertimbangkan pengeluaran mahasiswa nih saat ngasih tugas. Makanya dosen suka rekomendasikan mahasiswa untuk ambil tempat penugasan yang ga terlalu jauh dari rumah. Supaya lebih murah pastinya 💕 

Jadi ga perlu khawatir mahal


Lulusan Psikologi di Dunia Kerja

Apakah dalam suatu perusahaan banyak dibutuhkan lulusan psikologi? Daya saing banyak tapi untuk menampung apakah banyak juga?

Yes 100! Butuh banyak banget. Apalagi setelah sekarang industri di indonesia berkembang dan banyak start up bertumbuh.

Daya tampung banyak banget


Cara Meyakinkan Orang Tua

Kak mau nanya dong cara yakinin orang tua supaya kita bisa dikasih izin masuk psikologi soalnya orang tua aku masih ragu sma prospek kerja lulusan psikologi , orangtua aku bilang psikologi tuh dikit dibutuhi gitu kak…🙏🏻

Nah ini tugas kamu untuk langsung paparkan ke mama papa kamu terkait prospek kerjanya apa aja. Bahwa prospeknya itu banyak banget. 

Dan perlu diketahui, untuk kerjaan psikolog sendiri sangat dibutuhkan di seluruh indonesia saat ini :( karena Indonesia psikolognya hanya tersebar di pulau jawa. 

Intinya psikolog saja di Indonesia jumlahnya kurang banget Reva 😢

Belum lagi perkembangan industri yang semakin banyak. Dimana mereka butuh Human Resource Development buat rekrutmen karyawan.

Waah banyak bangat lulusan psikologi dibutuhkan pada saat ini Reva


Apakah Sharing Jurusan ini Bermanfaat?

Wah makasih kak udah kasih pernyataan seperti ini semoga aku bisa yakin untuk masuk jurusan psikologi dan pengennya mau kasih surprise aja ke ortu lulus SNMPTN jurusan psikologi. Orang tua aku gak masalah soal jurusan yg aku mau ambil cuman mereka masih agak asing aja sama psikologi🥲


Gimana? Sudah menjawab semua pertanyaanmu? Kalau belum, kamu bisa nonton juga video bedah Jurusan Psikologi di Youtube Channel Pengen Kuliah

Mau yang lebih lengkap lagi? Kamu bisa cek semua pembahasan lengkap di laman khusus bedah jurusan psikologi.

Tertarik ingin diskusi di Grup Komunitas Pengen Kuliah? Follow instagram @pengenkuliah dan DM admin untuk request masuk ke grup.

Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.