Kalian sedang Skripsian? Yuk Simak 5 Situs Website ini

                                                                  Designed by Canva

Tahap akhir kelulusan perguruan tinggi adalah skripsi. Skripsi bukan perkara yang mudah karena kita harus mencari sumber buku dan jurnal yang jelas sebagai referensi. Namun, referensi yang kita terima melalui buku fisik sangat terbatas. Maka kita sangat memerlukan internet dimana bisa dengan mudah kita cari menggunakan keyword. Nah, berikut situs-situs yang akan membantu skripsimu

  1. Google Scholar

Kalian pasti sudah tidak asing dengan situs ini. Situs buatan google ini menyediakan publikasi ilmiah yang sangat lengkap. Google Scholar juga menyediakan jurnal-jurnal online yang bisa kamu akses secara gratis sehingga bisa memudahkan kamu untuk bisa mengutip data-data yang kamu butuhkan untuk bahan skripsi yang kamu butuhkan. Schoolar.google.com

  1. Ipusnas

Perpustakaan online yang kasih banyak sumber referensi dari ebook, jurnal, dan lain-lain. E-resources.perpusnas.go.id

  1. Sumber jurnal

  • Researchgate.net adalah situs jurnal dan kamu bisa bebas untuk bertanya dan berpendapat melalui forum yang disediakan.Ini juga sangat cocok buat kamu yang penasaran dengan peneliti dari seluruh dunia.

  • academia.edu adalah salah satu situs yang sangat sering digunakan oleh mayoritas mahasiswa. Academia banyak memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Layanannya yang mirip seperti sosial media memungkinkan kamu untuk berkomentar memberikan saran.

  • doaj,org atau Directory of Open Access Journal (DOAJ) ini adalah salah satu situs yang bisa jadi referensi secara gratis, di DOAJ kamu bisa dapatkan jurnal internasional secara gratis, https://doaj.org/ 

  1. Cek Plagiarisme Jurnal

Plagiarsma.net adalah website yang menyediakan layanan pendeteksi plagiat pencurian tulisan yang dipakai untuk mendeteksi keaslian artikel. Namun, penggunaanya dibatasi dalam sehari.  

Kelebihan Plagiarisma.net Mudah digunakan karena hanya tinggal mengcopy isi teks pada artikel lalu ditaruh pada text area yang disediakan oleh Plagiarisma.net. 

Namun, website ini punya kelemahan yaitu kita harus menaruh teks bukan URL dan lagi waktu mendeteksinya relatif lama. Untuk teks dengan panjang sekitar 400 karakter dibutuhkan waktu pendeteksian lebih dari 1 menit.

  1. Mendeley

Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian.  https://www.mendeley.com/download-reference-manager/windows


Nah, itu tadi adalah 5 website yang bisa membantumu dalam skripsi. Jangan lupa untuk stay tuned  di blog PengenKuliah untuk mendapatkan banyak informasi menarik. Sampai jumpa !!


Sumber Referensi :

Anonim. 2022. 9 Sutus Tempat Mencari Referensi Karya Tulis Ilmiah. http://adminpublik.uma.ac.id/2020/12/15/10-situs-tempat-mencari-referensi-karya-tulis-ilmiah/. Diakses tanggal 3 Maret 2022.

Anonim. 2022. Mahasiswa, Intip 7 Website Untuk Cari Buku Referensi Skripsi. https://kuliahdimana.id/news/read/795/Mahasiswa-Intip-7-Website-Untuk-Cari-Buku-Referensi-Skripsi. Diakses tanggal 3 Maret 2022.

Anonim. 2022. Website Plagiarisma.net Perangkat Lunak Plagiarsm Hecker X. https://text-id.123dok.com/document/4zpdkp6vz-website-plagiarisma-net-perangkat-lunak-plagiarism-checker-x.html. Diaskes Tanggal 3 Maret 2022.

Anonim. 2022. Pengantar dan Instalansi Mendeley. https://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=336#:~:text=Mendeley%20adalah%20sebuah%20perangkat%20lunak,dan%20melakukan%20sharing%20data%20penelitian. Diakses tanggal 3 Maret 2022.


Imanuela Sagita Listi


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.