Berniat Mengajukan Beasiswa? Simak Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Ikut Seleksinya!

Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Hampir semua orang mungkin mendambakannya. Mendapatkan beasiswa adalah impian yang diwajibkan untuk orang yang terkendala dengan biaya. Bisa dibilang beasiswa adalah hal yang diburu secara massal. 


Banyak orang di luar sana yang akan menjadi sainganmu dalam seleksi ini. Dan mungkin saja mereka sudah lebih dahulu mempersiapkan seleksi ini. Maka dari itu, kamu tidak bisa mempersiapkan persiapan beasiswa dengan asal-asalan. Kira-kira apa saja ya yang perlu kamu siapkan dengan hati-hati dalam pertempuran ini? 


Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan!


Untuk meraih beasiswa, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain mempersiapkan seleksi administrasi maupun akademik, kamu juga perlu menyiapkan mental dalam seleksi wawancara. 


Itulah mengapa kamu harus belajar tips trik agar lolos seleksinya! Ini bukanlah perjalanan yang mudah bahkan bisa dibilang panjang. Namun, dengan kegigihan dan niat kamu pasti bisa meraih beasiswa impianmu!



Sumber : pexels/Mary-Taylor


  1. Menyeleksi Banyak Beasiswa


Kamu tidak bisa bergantung hanya pada satu beasiswa. Dengan hanya mengharapkan satu beasiswa bisa dibilang kemungkinan lolosnya kecil. Bukan berarti tidak mungkin, ya! Setidaknya kamu mempunyai cadangan jika kemungkinan buruknya terjadi. 


Untuk menyeleksi beasiswa yang sesuai, kamu perlu berjuang mengumpulkan banyak sumber beasiswa. Kamu bisa mendapatkannya dari website, grup whatsapp atau telegram, media sosial lain bahkan hingga lingkungan sekitar. Kamu juga bisa mengikuti pengenkuliah. Follow di @pengenkuliah sekarang juga agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya!


  1. Memenuhi Persyaratan


Untuk bisa lolos tahap pertama tentu kamu harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Pendaftar beasiswa itu banyak. Jika persyaratannya saja tidak bisa terpenuhi, bagaimana kamu akan lolos? Maka dari itu kamu sangat butuh untuk memahami dan mengecek keseluruhan persyaratan.


Walaupun kamu tidak memenuhi persyaratannya, jangan khawatir. Kamu bisa mencari beasiswa lain yang sesuai. Jangan putus asa adalah solusinya!


  1. Mempersiapkan Berkas Administrasi


Setiap seleksi beasiswa pasti membutuhkan berkas administrasi. Berkas ini biasanya terdiri dari ijazah, curriculum vitae ataupun sertifikat-sertifikat pendukung yang bisa membantumu lolos seleksi, contohnya sertifikat TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lainnya.


Kamu bisa mempersiapkannya mulai sekarang. Pastikan bahwa kamu sudah memindai semua berkasnya dan menjadikannya soft file. Biasanya yang diminta menggunakan format pdf. Oh, dan jangan lupa untuk membuat tampilannya rapi dan menarik.


  1. Membuat Essay yang Menarik


Ini merupakan salah satu tahapan yang menjadi kewajiban setiap pendaftar beasiswa. Bukan rahasia umum lagi jika essay yang menarik akan membuatmu lebih berpeluang untuk lolos dalam seleksi, lho. Untuk itu kamu perlu mempersiapkannya dengan baik.


Untuk kamu yang tidak pernah membuat essay kamu bisa belajar mulai dari sekarang. Pastikan juga bahwa essay yang kamu tulis sudah sesuai dengan PUEBI. Jika essay-mu menarik namun memiliki banyak kesalahan penulisan maka itu sudah bisa mengurangi poinmu. Kerjakan semaksimal mungkin, ya!


  1. Menyiapkan Mental!


Mendapatkan beasiswa tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak usaha dan kerja keras yang perlu dikeluarkan dengan maksimal. Walaupun begitu, kamu tidak bisa langsung menyerah.


Jika sekarang kamu belum lolos, setidaknya kamu sudah satu jalan menuju beasiswa. Kamu mendapatkan pengetahuan maupun pengalaman yang berbeda. Ini juga sama berartinya, bukan? Kedepannya kamu hanya perlu berjuang dengan lebih keras lagi.


Itu dia 5 tips yang perlu kamu siapkan jika ingin mengikuti seleksi beasiswa. Beasiswa apapun itu perlu kamu raih dengan usaha, bukan? Semoga kamu bisa segera mendapatkan beasiswa impianmu, ya! Good luck!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

2 komentar :

  1. Mendapatkan beasiswa adalah impian yang diwajibkan untuk orang yang terkendala dengan biaya.

    BalasHapus
  2. Thank for the information, please visit
    VisitUs

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.