Maba Wajib Tahu! Cara Membuat PPT Yang Menarik Dan Dijamin Oke

 

Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: iStock)

Bikin PPT yang menarik itu gimana, sih? Masa sudah jadi mahasiswa tapi isi PPTnya powerparagraf dan ngebosenin tiap slidenya.

Halo PK friends!
Mendengar kata powerpoint a.k.a PPT tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian. Terlebih saat kalian masih sekolah pasti sering mendapat tugas dari guru untuk presentasi dengan menggunakan PPT. Nah, saat kamu kuliah pun juga tidak jauh-jauh dari presentasi, lho.

Lalu, apakah PK friends sudah bisa membuat PPT yang menarik? Jika belum, tenang aja PK friends! Penulis mempunyai beberapa cara membuat PPT yang menarik dan dijamin oke, lho. Penasaran? Yuk, langsung baca ulasannya!

1. Pahami Materi Yang Akan Dipresentasikan
Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: Pexels.com)

Sebelum membuat PPT, terlebih dahulu PK friends harus memahami materi yang akan dipresentasikan nantinya. Jangan sampai kalian sudah mau presentasi, tapi malah belum paham sama materinya. Hal ini dilakukan supaya materi yang akan disampaikan bisa berurutan disetiap slidenya dan tidak keluar dari tema.

2. Tulis Poin-Poinnya Aja

Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: Pexels.com)

Setelah memahami materi yang akan dipresentasikan, langkah selanjutnya yaitu tulis poin-poin penting dari materi yang ada. Ingat, hanya poin-poinnya saja yang diketik karena kalian bukan mau membuat novel, ya. Namanya juga powerpoint bukan powerparagraf, hehehe. Jadi, sisanya bisa PK friends sampaikan lewat lisan agar presentasi kalian terkesan tidak monoton karena hanya membaca PPT saja.

3. Pilih Template Yang Sederhana Tapi Menarik
Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: Slidesgo)

PK friends bisa memilih template PPT gratis yang sudah disediakan di website  Slidesgo dan Canva. Tinggal kalian modifikasikan saja kira-kira dosen kalian lebih suka yang monokrom atau berwarna dan sebagainya.

4. Tambahkan Gambar dan Fitur Animasi


Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: Microsoft Powerpoint)

Pada setiap slide bisa kalian tambahkan dengan gambar-gambar. Ingat, gambar yang kalian gunakan harus nyambung dengan pembahasan di slide tersebut, ya. Misalkan dengan menambahkan grafik, ilustrasi dan foto-foto yang mendukung materi kalian. Selain menambahkan gambar, kalian juga bisa menggunakan fitur animasi agar PPT tidak terkesan monoton dan dijamin audiens tidak akan bosan saat kalian presentasi.

5. Terapkan Aturan 10 20 30
Nah, inilah kunci utama dari PPT yang menarik dan dijamin oke, yakni aturan 10 20 30. Gimana sih maksudnya? Jadi, singkatnya mengandung maksimal 10 slide, durasi presentasi maksimal 20 menit dan memiliki ukuran huruf 30.

6. Konsisten Dengan Desain Awal

Cara Membuat PPT yang Menarik (Sumber: Pinterest)

Cara terakhir membuat PPT menarik dan dijamin oke yaitu PK friends harus konsisten dengan desain yang sudah kalian buat. Jangan sampai waktu diawal slide menggunakan tema yang cerah dan enak untuk dilihat, eh slide berikutnya malah berubah menjadi tema gelap dan misterius. Jadinya nggak nyambung kan ya PK friends, hehehe.


Nah, itulah beberapa cara membuat PPT yang menarik dan dijamin oke dari penulis. Gimana PK friends sudah paham, kan? Nanti kalau ada tugas presentasi dengan menggunakan PPT, bisa dicoba ya beberapa cara di atas. Semoga membantu PK friends






Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.