4 Kebiasaan Masa SMA yang Harus Kamu Hilangkan saat Jadi Mahasiswa!

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber:iStock)

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)

Posisinya, sejak masa SMA, kamu sudah berjuang nih sebelum mengikuti tes masuk perguruan tinggi yang beraneka rupanya. Ada yang berjuang mengumpukan berkas keluarga yang nyelip, ada yang berjuang belajar buat ujian tulis, ada juga yang ikutan bimbel sampai pagi pulang pagi. Untuk kamu yang berhasil masuk universitas impian, Pengen Kuliah ucapkan selamat ya!

Mungin kamu sempat bertanya-tanya “Terus abis masuk aku ngapain ya Kak?” Maka kamu tepat banget membaca artikel yang satu ini! Karena Pengen Kuliah akan spill ke kamu kebiasaan masa SMA yang harus kamu ubah saat jadi mahasiswa.

Kenapa ya kebiasaan ini sebisa mungkin harus dihilangkan? Karena kebiasaan ini bisa bikin kuliah kamu terhambat bahkan hingga di DO alias Drop Out yang artinya kamu enggak bisa lanjut kuliah lagi. Tapi, kuliah enggak seserem itu juga kok ya, hihihi. Asalkan kamu enggak melakukan 4 kebiasaan masa SMA berikut ini! Yuk simak bareng!

4 Kebiasaan Masa SMA yang Harus Kamu Hilangkan saat Jadi Mahasiswa

1. Hadir terlambat

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber:iStock)
Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)

Jika sudah jadi mahasiswa, sebaiknya kamu tidak menganggap enteng perilaku ‘terlambat’ ya, Pejuang Kuliah. Karena enggak semua dosen akan memaklumi lho saat kamu terlambat masuk kelas. Mungkin saat masa SMA kamu bisa beralasan sama guru sekolah misalnya karena macet. Namun, kalau kamu ngeles kayak begitu sama dosen setiap hari, waduh bisa-bisa kamu dikeluarkan dari kelas untuk satu semester nih.

Menjadi mahasiswa bukan hanya berarti ‘bisa pakai baju bebas’, Pejuang Kuliah. Menjadi mahasiswa juga memiliki arti bahwa kamu bisa menjadi individu yang bertanggung jawab dan siap memperjuangkan studi kamu. Jadi, enggak aneh saat kamu telat dan dosen langsung megosongkan absen kamu nanti, ya.

2. Numpang nama saat tugas kelompok

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)
Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)

Saah satu kebiasaan masa SMA yang harus kamu ubah saat jadi mahasiswa yakni ‘numpang  nama saat ada tugas kelompok.’ “Loh, numpang nama gimana ya Kak?” Jadi, ceritanya kamu dikasih tugas kelompok sama dosen, tapi kamu malah membebankan bagian tugas kamu ke teman sekelompok kamu.

Jangan salah PK friends! Hal ini bisa berdampak sangat buruk jika kamu lakukan! Hubungan kamu dan teman-teman kamu bisa rusak. Enggak jarang, dosen juga bisa tahu lho kalau kamu enggak kerja. Hayolo

Beberapa dosen di perkuliahan biasanya tidak menoleransi mahasiswanya yang enggak terlibat kerja kelompok. Untuk mengetahui siapa saja yang tidak berkontribusi dalam kelompok, dosen seringkali pakai cara yang enggak terduga lho, Penjuang Kuliah. Tau-tau simsalabim, nilai kamu D.

Pokoknya jangan coba-coba deh ya? Kasian sama diri kamu di masa depan nanti.

3. Lupa membawa tugas

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)
Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)

Lupa membawa tugas merupakan salah satu kebiasaan klasik masa SMA yang sering dilakukan siswa di masa kini. Enggak masa kini aja sih, masa dulu juga sama hehehe. Tapi, saat kamu jadi mahasiswa, sebaiknya kamu jangan sekali-sekali lupa bawa tugas ya, Sobat PK.

Kalau dosen kamu mau memaklumi alasan kamu lupa bawa tugas, yah kamu sangat hoki. Tapi kalau dosen kamu enggak memaklumi hal tersebut, jangan harap nilai kamu selamat ya, Pejuang Kuliah.

Di dunia perkuliahan, alasan lupa bawa tugas adalah alasan yang cukup basi, kaya nasi didiemin lima hari. Dosen kasih tugas, ya kerjain, dosen kasih tenggat waktu pengumpulan, ya kumpulin. Jadi enggak ada tawar menawar lagi ya, toh itu kan tugas kamu. Kalo ketinggalan dan dosen memutuskan untuk ngasih nilai jelek, ya salah kamu juga kan?

4. Sering bolos

Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)
Ilustrasi Kebiasaan Masa SMA (Sumber: iStock)

Salah satu teman dari ‘sering telat’ di dunia perkuliahan ialah ‘sering bolos’. Kadang mahasiswa entah baru atau lama, saat sudah telat mikirnya “Ah udah lah ngapain dateng ke kelas, udah telat juga.” Makanya, kalo pagi-pagi itu, alarm dinyalain ya, Pejuang Kuliah. Supaya kamu enggak sibuk di alam mimpi terus sampe lupa kuliah.

Sering bolos di masa SMA mungkin bisa jadi beda levelnya dengan di masa kuliah. Bolos di masa SMA biasanya berujung dengan hukuman, dinasihati guru BK, atau diberi poin pelanggaran. Saat kamu udah jadi mahasiswa, setiap dosen enggak jarang memberikan toleransi yang berbeda-beda lho.

Tetapi biasanya batas toleransi ini mengikuti peraturan kampus ya. Misalnya, dalam satu semester, kamu hanya punya jatah bolos 3 kali. Sehingga kalau kamu membolos untuk ke-4 kalinya, otomatis kamu harus ngulang semester depan karena nilai D. Kamu boleh deh coba nego sama dosen. Itu pun ‘kalau dosen kamu mau.’

Jadi itu ya beberapa kebiasaan masa SMA yang harus banget kamu hilangkan saat kamu jadi mahasiswa. “Waduh kak, susah banget ya?” Eitss, tenang ya, kamu coba ubah pelan-pelan saja seperti kata lagunya band Kotak uhuy. Semua kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang bisa merugikan kamu lho PK Friends jika terus dilakukan.

Enggak percaya? Coba nanti kamu perhatikan saja teman-teman kuliah kamu yang melakukan hal ini akan mendapatkan konsekuensi seperti apa. Salah satunya, kamu bisa enggak disayang lho sama dosen. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu ya! Sampai jumpa lagi Pejuang Kuliah!

Dipublikasikan oleh Admin (Sindy Prisila)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.