Tips & Cara Meningkatkan Daya Ingat – Penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Ada kalanya seseorang tiba-tiba lupa akan sesuatu. Misalnya lupa password, lupa menaruh barang, lupa materi untuk ulangan, dan lain sebagainya. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang juga membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi yang baik. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar bisa membantu anda memperbaiki kondisi kinerja daya ingat anda.

Namun, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai tips ataupun teknik cara mempertajam ingatan kita. Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai beberapa penyebab berkurangnya daya ingat manusia.

Berikut ini penyebab-penyebab berkurangnya daya ingat

Kualitas daya ingat seseorang tidak hanya tergantung pada pendidikan, lingkungan belajar dan lingkungan fisik di mana ia tinggal, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hidupnya, misalnya kehilangan orang yang dicintai. Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan peran yang sangat penting. Penyebab yang lain adalah:

1. Tidur
Ternyata ada hubungan langsung antara kurang tidur, insomnia dan berkurangnya daya ingat. Fakta menunjukkan, tidur malam yang cukup sangat penting bagi berfungsinya ingatan kita. Telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimumnya.
Sangat penting untuk tidak mengabaikan persyaratan tidur untuk tubuh kita. Jika kita mendapatkan cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjadi lebih baik tetapi kita juga akan lebih mampu mengatasi stres sehari-hari.

2. Depresi
Depresi merupakan penyebab yang melemahkan daya ingat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berikut ini pengertian depresi.
dep·re·si /déprési/ n 1 Ek keadaan perniagaan yg sukar dan lesu; 2 Psi gangguan jiwa pd seseorang yg ditandai dng perasaan yg merosot (spt muram, sedih, perasaan tertekan); 3 Geo daerah merosot atau tenggelam akibat terbentuknya antiklin dan sinklin pd waktu yg sama; 4 Met daerah yg bertekanan rendah;

Saat ini, depresi sudah menjadi penyakit yang sangat umum dialami, terutama oleh remaja. Namun depresi juga dapat terjadi pada semua usia. Ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan depresi. Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat.
Dalam kasus depresi, penting untuk mencari bantuan dan nasehat dari dokter berkualitas. Obat depresi yang tepat memungkinkan untuk pemulihan penuh daya ingat.

3. Penyakit tiroid
Penyakit kelenjar tiroid mempengaruhi sejumlah besar orang, dan memiliki efek negatif pada daya ingat. Diagnosis awal penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid dapat terjadi pada semua usia.

4. Diabetes
Diabetes sudah menjadi salah satu penyakit yang ditakuti di dunia. Banyak pasien yang tidak bisa mengobati diabetes dengan baik. Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif ikut berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.
Namun pengobatan yang tepat dan pengendalian terhadap diabetes akan meningkatkan daya ingat. Penyakit kronis lainnya seperti pada hati, paru-paru dan ginjal juga mempengaruhi daya ingat. Dalam kasus diagnosa secara dini dan dilanjutkan dengan pengobatan akan memperbaiki daya ingat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

5. Alkohol dan obat-obatan
Alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu harus dihindari agar tidak kecanduan. Karena kecanduan alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan penurunan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya. Para pecandu alkohol pada awalnya memiliki masalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia ini semakin parah dengan masalah daya ingat jangka panjang.
Konsumsi alkohol sekala sedang (1 sampai 2 gelas untuk laki-laki dan 1 gelas untuk wanita, setiap hari), tidak membahayakan otak. Sebaliknya konsumsi alkohol yang berlebihan adalah racun bagi otak dan daya ingat. Obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misalnya obat ekstasi menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.

6. Kurangnya Vitamin B12
Kurangnya vitamin tertentu juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Diet yang seimbang memberikan tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan.
Vitamin B12 dapat ditemukan pada ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.

Demikian beberapa penyebab menurunnya daya ingat. Silakan baca juga artikel selanjutnya mengenai 6 Tips & Cara Meningkatkan Daya Ingat.

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.