POLMAN ASTRA Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa 2015/2016

Politeknik Manufaktur ASTRA membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016. Adapun beberapa jalu yang dibuka yaitu jalur beasiswa dan jalur reguler. Untuk info jalur beasiswa akan diberikan di artikel ini. Sedangkan jalur reguler bisa dilihat di sini.
 
Periode Pendaftaran : 28 Oktober 2014 - 9 Januari 2015 (diperpanjang sampai 16 Januari 2015)

Lihat juga Info Pendaftaran Polman Astra Jalur Reguler
Format surat rekomendasi sekolah dapat diunduh disini.


Program Beasiswa Prestasi Astra  ini terdiri dari 2 jenis yaitu Program Beasiswa Penuh dan Program Beasiswa Unggulan, dengan penjabaran sebagai berikut :
1.  Program      Beasiswa    Penuh,   diberikan    dalam    bentuk   bebas    biaya   kuliah selama     3  (tiga)  tahun  dan  pemberian     uang    saku   bagi  mahasiswa     yang bersangkutan   setiap   bulannya.  Besarnya   uang   saku   ditentukan   oleh   Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap pemberian beasiswa di tiap semester dan berhak     melanjutkan    atau  memberhentikan       pemberian     Program    Beasiswa Prestasi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
2.  Program   Beasiswa   Unggulan,   diberikan   kepada   calon   penerima   beasiswa yang   telah   ikut   dalam  proses   seleksi   Program   Beasiswa   Penuh   dan   lolos seleksi sampai dengan tahap Psikotes dan Wawancara, akan tetapi karena keterbatasan   kuota   tidak   masuk   pada   Program   Beasiswa   Penuh.  Program Beasiswa      Unggulan     diberikan    dalam    bentuk   bebas     uang   sumbangan pendidikan.

Tujuan     utama    dari   proses    seleksi   calon   penerima     beasiswa     adalah    untuk memastikan pemberian Beasiswa Prestasi Astra  ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa ini bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi   tercapainya   bantuan   pembiayaan   studi   bagi   mahasiswa   yang   betul-betul memerlukan.

Seleksi terhadap calon penerima beasiswa akan dilakukan di Kampus Politeknik Manufaktur Astra dan di tempat-tempat di luar Kampus yang telah ditunjuk oleh Politeknik Manufaktur Astra.

Tahap-tahap seleksi adalah sebagai berikut :
    1.  Tahap 1 : Seleksi Administrasi
    2.  Tahap 2 : Psikotes
    3.  Tahap 3 : Wawancara
    4.  Tahap 4 : Tes Kesehatan
Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur. Seluruh   pengumuman  tiap   tahapan  proses   seleksi   dilakukan   melalui   website
http://pmb.polman.astra.ac.id

Persyaratan umum :
1.  Warga   Negara   Indonesia,   usia   maksimal   19 tahun ,   dibuktikan   dengan fotokopi akta kelahiran. Khusus siswa SMK program 4 tahun, usia maksimal 20 tahun.
2.  Lulusan      SMA/SMK      (dibuktikan     dengan     ijazah/surat    tanda   lulus   saat registrasi akademik);
3.  Lulusan tahun 2015 atau saat ini sedang menempuh kelas XII;
4.  Lebih     diutamakan      siswa   SMA     jurusan     IPA,   SMK     bidang     keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi;
5.  Sehat jasmani (tidak  menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna. Untuk  pilihan  Konsentrasi  Teknik   Otomotif   (TO)   dan  Teknik   Alat   Berat  (TAB),  tidak   memiliki   masalah   indra   pendengaran,   khusus   untuk   TAB, lebih diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm;
6.  Nilai  rapor   semester   1   s/d   4   kelas  X  dan   Xl   rata  rata   7,5   untuk   mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, tidak ada nilai di bawah 7,5;
7.  Penghasilan   orangtua  maksimal Rp   3.000.000,-  dibuktikan   dengan   surat keterangan   penghasilan   orang   tua  atau  surat   keterangan   tidak   mampu dari pejabat yang berwenang;
8.  Mengisi data identitas diri secara online;
9.  Mengunggah dokumen rekening listrik bulan terakhir;
10.Mengunggah dokumen surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;
11.Mengunggah         pas   foto  berwarna    (pakaian    formal)  dengan     ukuran   file maksimum 500kb;
12.Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.

Persyaratan      administrasi   ini  menjadi   acuan   utama    untuk   proses   selanjutnya. Peserta   yang  tidak memenuhi persyaratan umum   akan digugurkan   dari  proses seleksi.

Batas Akhir Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan mulai dari tanggal 28 Oktober 2014 s/d 9 Januari 2015. Pendaftaran dan pengumuman hasil tiap tahapan seleksi dilakukan secara online melalui http://pmb.polman.astra.ac.id

Kriteria Seleksi Administrasi
No
Butir Evaluasi
Skor
1
Nilai Rapor
Nilai lebih tinggi, skor lebih besar
2
Prestasi Siswa
Makin tinggi prestasi yang dicapai, skor lebih besar
3
Asal Sekolah
Makin tinggi akreditasi sekolah asal, skor lebih besar
4
Penghasilan orang tua
Penghasilan lebih rendah, skor lebih besar
5
Tanggungan orang tua
Tanggungan      orang    tua  makin    banyak,    skor  makin besar

Butir-butir evaluasi tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan, karena beasiswa   ini   merupakan   bantuan   biaya   studi   bagi   mahasiswa   potensial   tetapi kurang mampu dari segi ekonomi dan faktor geografis, maka butir-butir tersebut merupakan   kriteria   seleksi   yang   harus   ada   disamping   kriteria   yang   berlaku   di Politeknik Manufaktur Astra.

Info lebih lengkap, silakan download file di bawah ini.
atau lihat di web resmi.
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Aditia Prasetio)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.