5 Hal yang Bisa Mahasiswa Baru Pelajari dari Karakteristik Sherlock Holmes

 


Halo Sobat Mahasiswa Baru! Bagaimana perkuliahannya? Sudah bisa beradaptasi belum dengan kehidupan kampus?


Bagi kamu penggemar novel detektif, tentu sudah mengenal tokoh Sherlock Holmes ini bukan? Sherlock Holmes adalah seorang detektif amatir yang cukup berbakat dalam menangani kasus-kasus rumit. Sifatnya yang eksentrik justru menjadi daya tarik keunikannya sendiri. 

Nah, ternyata dari karakter Sherlock Holmes, ada banyak sekali lho yang bisa kita terapkan dalam keseharian kamu sebagai mahasiswa baru. Apa aja sih? Yuk, baca artikel ini sampai akhir ya!


1. Kenali diri sendiri


"Otak manusia pada awalnya sama seperti loteng kecil yang kosong, dan kau harus  mengisinya dengan perabot yang sesuai dengan pilihanmu" — Sherlock Holmes

Seringkali seseorang memaksakan diri untuk memasukkan segala pengetahuan yang didapatkan ke dalam otaknya. Hal tersebut memungkinkan terjadinya ketidakteraturan pada otak, sehingga pengetahuan yang sebenarnya berguna baginya menjadi tercampur dan terjepit dengan hal-hal lain.

Untuk menghindari dampak tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, berarti kamu bisa memahami kemampuan dirimu, mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan, dan pengetahuan seperti apa yang akan berguna untuk kamu nantinya. 


2. Fokus pada tujuan


Jika kamu sudah mengenali diri sendiri, fokuskan dirimu ke dalam tujuanmu. Misalnya kamu ingin menjadi seorang jurnalis. Maka fokuslah pada sesuatu yang mendukung tujuanmu itu. Caranya adalah dengan mulai mengikuti kegiatan kepenulisan baik di kampus maupun di luar kampus, mengikuti program magang yang sesuai dengan tujuanmu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi perlu diingat, jika satu tujuan hidupmu sudah tercapai, jangan pernah merasa puas ya. Tetap carilah kembali tujuan hidupmu yang baru.

3. Berpandangan luas


“Gagasan seseorang haruslah sebesar alam kalau dia ingin menafsirkan alam itu” — Sherlock Holmes

Sherlock Holmes memiliki pandangan yang berbeda dari manusia pada umumnya. Hal itulah yang menjadikannya dikenal sebagai detektif yang unik.
Suatu permasalahan tidak akan terpecahkan jika kamu hanya melihatnya dari satu sudut pandang. Bahkan dapat menimbulkan masalah yang baru.
Sebagai mahasiswa, kamu dilatih untuk melihat segala aspek dari berbagai sudut pandang. Dalam mengatasi suatu permasalahan, kamu perlu membuka wawasan serta memperluas gagasan hingga kamu mampu berpikir secara dewasa.

4. Berpikir Positif



“Ketika ada fakta yang tampaknya bertentangan dengan serangkaian panjang proses deduksi, fakta itu bisa saja membuktikan penafsiran yang lain. Hal yang tidak biasa umumnya lebih merupakan panduan daripada hambatan” —Sherlock Holmes

Saat memasuki dunia kampus, kamu akan dihadapkan dengan berbagai lika-liku kehidupan. Anggaplah sebuah tantangan dan rintangan sebagai sarana bagi kamu untuk mengembangkan diri.
Misalnya, kamu mendapat banyak tugas hingga kamu mulai merasa frustrasi dan menjalaninya dengan keterpaksaan. Jika kamu menjadikan tugas-tugas itu sebagai beban, artinya kamu telah dikuasai oleh pikiran negatif. Pikiran-pikiran negatif seperti itu hanya akan membawamu pada kecemasan dan kesedihan. Cobalah renungkan bahwa masa depan yang cemerlang akan menantimu jika kamu menjalani prosesnya dengan energi yang positif. 

5. Menghargai diri sendiri


Ketika sedang menangani kasus pembunuhan, Sherlock Holmes masih menyempatkan diri untuk menonton konser. Seperti itulah cara Holmes merelaksasikan diri. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menyegarkan pikirannya.
Begitu pula dengan teman-teman mahasiswa baru. Di tengah tugas-tugas yang menumpuk, alangkah baiknya jika kamu tetap memberikan waktu untuk beristirahat. Luangkan waktu sejenak agar dirimu dapat merasakan ketenangan dan kesenangan yang baru. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu senangi yang menjadi hobimu. Dengan begitu, otakmu akan terasa lebih segar sehingga kamu dapat kembali berpikir jernih dan kembali bersemangat mengikuti perkuliahan.

Itu dia beberapa karakter dari Sherlock Holmes yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Jadi gimana nih Sobat Mahasiswa Baru? Tertarik untuk menerapkannya?

Kamu Tidak Sendirian, Inilah 3 Hal Yang Sering Dialami Mahasiswa Saat Kuliah


Dipublikasikan oleh Admin (Safanah Nur Adzikra)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.