Sudah Yakin Mau Lintas Jurusan? Ingat Hal Ini Sebelum Kamu Lintas Jurusan!

    

    Sejak SMA, sekolah sudah memfasilitasi siswa agar dapat menempuh pembelajaran sesuai dengan minat dan bakat siswa agar kedepannya lebih terarah. Namun, permasalahan jurusan seringkali tidak dimanfaatkan dengan baik oleh siswa guna lebih menguasai bidangnya dengan berbagai macam alasan. Misalnya, masih mengikuti jurusan teman, malu jika tidak masuk jurusan IPA, atau memilih jurusan karena paksaan orang tua tanpa ada ketertarikan dari siswa itu sendiri. 

    Beberapa faktor tersebut akhirnya menyebabkan siswa merasa bahwa mereka salah jurusan. Akhirnya berdampak juga pada pilihan jurusan saat menuju jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke perguruan tinggi yang biasanya disebut linjur. Lintas jurusan atau linjur adalah memilih jurusan saat akan masuk kuliah pada rumpun ilmu yang berbeda dibandingkan dengan rumpun ilmu saat masih sekolah. 

    Lintas jurusan sendiri bisa diambil mulai dari jalur undangan atau SNMPTN, jalur tes atau SBMPTN dan jalur mandiri. Tentu keduanya memiliki ketentuan yang berbeda, seperti pada jalur SNMPTN, lintas jurusan dianggap sebagai bentuk bunuh diri siswa karena siswa harus berpindah bidang dari apa yang sudah dipelajari di SMA. Sedangkan, pada jalur SBMPTN ini akan menemui banyak teman yang ternyata juga menginginkan jurusan lain dari jurusan SMA. Tentunya, saingan juga semakin banyak termasuk yang dari rumpun Soshum sendiri. 

    Eitss, tetap tenang! tidak perlu panik, apalagi sampai menyalahkan diri sendiri. “Duh, kenapa sih baru sadar sekarang kalau aku salah jurusan” atau “Berarti sia-sia dong tiga tahun ini aku belajar IPA?”. Bukan. Bukan begitu. Tidak ada yang perlu disalahkan atau dianggap sia-sia, karena semua orang kan punya perjalanannya masing-masing. Oke? 

Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum kuliah lintas jurusan: 

1. Tanyakan Kembali Pada Dirimu 


Terkadang, kita juga butuh loh buat ngobrol sama sendiri. Sisipkan waktu yang tenang untuk kamu tanya lagi ke sendiri. Apakah jurusan itu benar-benar sesuai dengan keinginanmu? Keinginan yang dimaksud disini bukan keinginan untuk terlihat keren, bukan keinginan untuk mengikuti teman, bukan juga keinginan untuk memakai almamater idola. Pastikan bahwa jurusan yang kamu pilih sesuai dengan minat bakatmu ya! karena jurusan itu milikmu sendiri, yang akan menentukan bagaimana jalanmu kedepannya.

2. Mintalah Pendapat dari Orang Yang Berpengalaman 

Kamu bukan satu-satunya manusia yang lintas jurusan di dunia ini kok. Banyak juga orang yang mengalami hal yang sama sehingga kamu bisa memanfaatkan untuk bertanya kepada mereka, mengenai alasan seperti apa yang benar untuk lintas jurusan saat kuliah dan hal apa yang perlu disiapkan. Selain itu, perlu juga untuk berdiskusi dengan guru juga orang tuamu yang nantinya bisa kamu jadikan bahan pertimbangkan lagi. 

3. Pastikan Jurusan dan PTN yang Dipilih Menerima Pendaftaran Lintas Jurusan 


Ada beberapa jurusan dan PTN yang tidak membuka kesempatan bagi peserta SBMPTN untuk lintas jurusan, baik lintas jurusan IPA ke IPS, atau sebaliknya. Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu bagaimana peluangmu di jurusan dan kampus yang menjadi tujuanmu. Beberapa daftar universitas yang membolehkan lintas jurusan, antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB). Universitas-universitas tersebut menerima pendaftaran lintas jurusan sesuai syarat program studi yang dituju. Jadi, tidak semua jurusan di universitas tersebut menerima peserta lintas jurusan. 

4. Belajar dengan Strategi Khusus 


Cobalah mengatur sistem belajar kamu dengan strategi khusus. Setiap orang tentunya punya strateginya masing-masing untuk belajar. Salah satu yang bisa kamu coba adalah belajar bareng teman di lintas jurusan. Kamu bisa mulai mengerjakan latihan-latihan soal bareng dan diskusi. Kamu juga bisa menerapkan strategi lain, misalnya memilih ikut les bimbel, kemudian mengikuti try out. Jangan sembarang try out, loh. Kamu bisa mengatur jadwalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk melihat kemampuanmu. Nah, hasil try out tersebut akan menjadi evaluasi untuk memperbaiki kekurangan sebelumnya. Ada satu hal yang perlu diingat, diri kamu sendiri harus sudah memiliki tekad yang bulat untuk lintas jurusan di perkuliahan. Selain itu, kunci pentingnya adalah jangan takut bersaing! Karena saingan terbesarmu bukan temanmu melainkan dirimu sendiri. 

5. Siapkan Alternatif 

Kamu memang harus total dalam mengejar jurusan impian di seberang sana. Namun, kamu juga harus menyiapkan alternatif pilihan kalau situasi terburuk mesti dihadapi. Apakah kamu akan melanjutkan mimpi kuliah di jurusan yang berbeda di kampus swasta atau menunggu tahun berikutnya untuk ikut tes PTN kembali? Jangan sampai kamu bingung dan terpuruk sendiri karena tidak mempunyai alternatif pilihan. Dalam memilih pilihan alternatif, kamu juga harus menyiapkannya dengan matang dan memastikan bahwa itu adalah pilihan murni dari dirimu dan untuk dirimu. 

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu siapkan ketika kamu memutuskan untuk lintas jurusan di kuliah. Tidak ada keinginan yang terlalu besar, yang ada usahamu yang kurang besar. Semangat para pemimpi! Selain usaha, jangan lupa berdoa juga ya! Untuk informasi tambahan mengenai lintas jurusan bisa simak di artikel berikut https://www.pengenkuliah.com/2021/09/lintas-jurusan-dari-ipa-ke-soshum-siapa.html
Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Himatul Awaliyah Putri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.