8 HAL YANG HARUS DILAKUKAN MAHASISWA SEMESTER PERTAMA DI MASA PANDEMI

Setelah diterima di perguruan tinggi, pastinya teman-teman sangat bersemangat  untuk memulai semester awal kuliah dan menyandang  gelar baru sebagai “mahasiswa”.  Sebagai mahasiswa baru pastinya ada hal yang harus kamu lakukan untuk persiapan kuliah apalagi di masa pandemi  Covid-19 sekarang ini yang mengharuskan perkuliahan melalui online atau daring. Berikut 8 hal yang harus kamu lakukan sebagai langkah awal masuk kuliah di masa pandemi.

1.       Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil

Tentunya koneksi internet menjadi hal yang sangat diperlukan agar kuliah online kamu berjalan dengan lancar. Kuliah online sebagian besar dilakukan melalui zoom, google meet, atau platform video conference lain milik kampus yang dimana internet yang tidak stabil akan menghambat prosesmu dalam menerima materi dari dosen.

2.Catat Jadwal Kuliah dengan Cermat

Agar kamu mendapatkan materi kuliah secara efektif catat jadwal kuliahmu dengan cermat agar kamu mendapat materi kuliah secara efektif. Adanya jadwal tersebut, dapat membantumu memanajemen waktu dengan baik.

3.       Ciptakan Tempat dan Suasana Belajar yang Nyaman

Sebaiknya cari tempat yang tenang agar kamu bisa lebih konsentrasi selama pembelajaran. Kamu juga bisa menambah berbagai alat pendukung pembelajaran seperti papan tulis dan lainnya.

4.       Manajemen Waktu

Pembelajaran secara online/daring, jadwal kuliah yang padat, dan tugas-tugas yang diberikan dosen  tentunya membuatmu menatap layar laptop hampir seharian. Maka dari itu manajemen waktu adalah salah satu hal yang penting untuk kamu lakukan. Kamu bisa menyetel alarm di smartphonemu untuk membagi waktu.

5.       Rekam Semua Pembelajaran Online dari Dosen

Untuk kamu yang sempat tertinggal materi atau saat ini internetmu sedang tidak stabil, ini merupakan salah satu solusinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat ulang kuliah online kapan pun dan dimana pun.

6.       Jangan Sampai Telat

Sama seperti kuliah offline, kuliah online juga memiliki etika dan norma yang harus dipatuhi agar proses belajar tetap lancar. Sebaiknya hadir 15 menit sebelum mata kuliah dimulai dan jangan lupa untuk cek jadwal agar kamu tidak telat.

7.       Komunikasi untuk Menambah Teman

Kuliah online membuatmu tidak bisa berkenalan secara langsung dengan teman baru? Jangan khawatir! Kamu dapat membuat grup kelas di berbagai macam aplikasi untuk berkenalan dan bertukar informasi.

8.       Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Berdiam diri di rumah tentu akan membuatmu jenuh dan rentan stres. Tidak ada salahnya kamu menyisihkan waktu untuk berlibur atau melakukan hobi yang kamu senangi. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi, menjaga kesehatan mata karena sering menatap layar laptop dan berolahraga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di masa pandemi. Kesehatan fisik dan mental tentunya sangat berpengaruh terhadap pembelajaran agar lebih efektif.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu lakukan jika kamu adalah mahasiswa semester pertama di masa pandemi. Kamu dapat segera melakukannya di rumah agar kuliahmu lebih nyaman dan efektif. 


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Andi Annisya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.