Dari Aku, Untuk Aku: Capek kuliah? Self-reward solusinya!

 Dari Aku, Untuk Aku: Capek kuliah? Self-reward solusinya

Apakah kalian pernah merasa capek, males, bosan, atau bahkan tidak ingin melakukan apa-apa? Aku yakin pasti semua orang pernah merasakannya. Hal ini biasanya terjadi saat kita sudah muak dengan tugas atau bahkan pekerjaan kita. Maka dari itu, kita perlu memberi  kesenangan diri, salah satunya dengan memberikan self reward, yakni suatu penghargaan kepada diri sendiri yang pantas kamu nikmati. 

Misalnya, ketika berhasil mencapai sesuatu jangan lupa memberikan selamat untuk diri sendiri. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh bahkan narsis atau terlalu berlebihan dengan self reward ini. Padahal, self reward ini bisa membuatmu makin terdorong untuk produktif, pemberian hadiah atau penghargaan pada diri sendiri juga memiliki banyak dampak positif lainnya. 

https://www.shutterstock.com/image-vector/woman-give-self-reward-her-holding-1979910803

Alasan kenapa kita memerlukan self reward antara lain, sebagai bentuk hadiah atas kerja kerasmu selama ini dan kamu berhak menikmati hasil jerih payahmu selama ini, self reward juga bisa menjadi bukti bahwa kamu mencintai hidupmu. Selain itu, self reward juga bisa memberikan motivasi supaya menjadi lebih baik lagi dan sangat ampuh untuk melepas penat dan stress.

Bentuk-bentuk self reward yang mungkin bisa lakukan contohnya quality time bersama teman atau keluarga. Kalian bisa menonton film atau jalan-jalan makan angin. Jika kalian ingin menghabiskan waktu sendiri atau me time, kalian bisa membaca novel atau menonton drama korea dan film di kamar.

Meskipun penting untuk menghargai diri sendiri, tapi tidak semua reward bisa berdampak positif bagimu seperti menjadi boros saat belanja, makan-makanan tidak sehat sepuasnya, atau malah menjadi tambah malas. Self reward bukan berarti balas dendam setelah capek berusaha. Bukan berarti menunda pekerjaan yang nggak dilanjutkan lagi. Memilih bentuk reward yang salah, tidak akan membantumu membangun kebiasaan yang lebih baik. Maka, kita harus pintar dalam memilih reward yang tepat untuk mengembalikan motivasi diri.

Memang butuh perjuangan dan pengorbanan yang tidak mudah saat kita ingin meraih sesuatu. Self reward membuat kita ingat bahwa kita ini manusia dan perlu dicintai. Sudahkah kalian memberi Self reward untuk diri sendiri? Jangan sampai stress dan overthinking ya, teman-teman ! (https://www.pengenkuliah.com/2021/03/5-tips-mengatasi-overthinking-jelang-UTBK-SBMPTN-dan-ujian-mandiri.html

 

Keyword : self reward, self reward atau boros, mahasiswa produktif


Sumber :

Anonim, 2021, Sudah Kasih Reward Untuk Diri Sendiri Belum, https://www.kejarmimpi.id/sudah-kasih-reward-untuk-diri-sendiri-belum.html, diakses tanggal 9 Oktober 2021 pukul 10.06. 

Anonim, 2021, 5 Alasannya Pentingnya Memberikan Self Reward Untuk Diri Sendiri, https://www.idntimes.com/life/inspiration/astrimeita185atgmailcom/self-reward-c1c2/, diakses tanggal 9 Oktober 2021 pukul 11.00

Anonim, 2021, Pentingnya Untuk Kesehatan Mental , Jangan Lupakan Self Reward, ya!, https://glints.com/id/lowongan/self-reward/#.YNvsSOgzY2w, diakses tanggal 9 Oktober 2021 pukul 12.05 


Imanuela Sagita Listi


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.