Tips Mudah Belajar TOEFL di Rumah untuk Para Mahasiswa

Halo Sobat Pengen Kuliah! Banyak sekali mahasiswa yang menginginkan untuk mendapat skor TOEFL yang tinggi. TOEFL sendiri adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. TOEFL sangat diperlukan sebagai persyaratan mendaftar kuliah di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. 

TOEFL dibagi menjadi 3 jenis tes, yakni PBT (Paper-based Test), CBT (Computer-based Test), dan IBT (Internet-based Test). Tes TOEFL ini menghabiskan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian, yaitu; grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing.

Nah, bagi yang berniat untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, skor TOEFL yang tinggi menjadi salah satu hal yang penting. Nah, kali ini Pengen Kuliah akan berbagi tips mudah belajar TOEFL di rumah. 

1. Meluangkan Waktu untuk Belajar

Persiapan tes TOEFL memerlukan waktu belajar yang lumayan banyak karena TOEFL memiliki beberapa materi yang perlu dipahami dengan seksama. Meluangkan waktu dalam sehari setidaknya 1,5-2 jam dan menjadwalkan waktu belajar sesuai dengan keinginan masing-masing. Membuat list belajar seperti pada materi mana ingin dipelajari lebih awal. Contohnya seperti, di hari ke-1 atau 2 belajar Listening, selanjutnya Structure, Reading, dan kemudian disusul dengan Writing. Lalu pada hari ke-7 bisa dilakukan skoring untuk evaluasi pada bagian yang perlu ditingkatkan lagi.


2. Memperbanyak Latihan Soal TOEFL

Latihan soal TOEFL dapat didapatkan dari mana saja. Bisa dengan membeli ataupun meminjam buku latihan, website online yang menyediakan latihan TOEFL gratis, atau dari aplikasi yang bisa diunduh ke ponsel. Beberapa website yang bisa kamu kunjungi untuk latihan soal TOEFL antara lain:  learn4good.com, Examenglish.com, engvid.com, dan english-test.net. Semakin sering berlatih, semakin mudah pula dalam mengerjakan TOEFL. 


3. Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Mendengarkan podcast berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan listening. Ketika mendengarkan percakapannya secara langsung, hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan vocab. Ketika ada kata yang tidak dipahami, cobalah cari artinya di kamus.


4. Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Kegiatan seperti membaca buku, majalah, atau bahkan konten sosial media berbahasa Inggris dapat sangat membantu meningkatkan perbendaharaan kata dengan cepat. Sesuaikan dengan topik yang disuka agar tidak cepat bosan.  Cukup 30 menit saja setiap hari. Paling penting, jangan hanya sekedar menghafal tapi sekaligus memahami artinya. 


5. Menulis dengan Bahasa Inggris

Menulis buku harian, pesan singkat, daftar belanja, to do list, jadwal pribadi atau bahkan status di sosial media dengan bahasa Inggris. Hal ini akan sangat membuat terbiasa menulis dengan bahasa Inggris. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan grammar dan periksa kesalahan pengejaan. 


6. Melatih Speaking dengan Diri Sendiri

Cobalah untuk berbicara di depan kaca jika merasa kesulitan untuk mempraktekkannya dengan orang lain di rumah. Hal ini akan sangat membantu agar lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Dengan berlatih speaking, akan membuat terbiasa mendengarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Teruslah berlatih sampai bisa mengucapkan Bahasa Inggris dengan benar. Bisa cek International Phonetic Alphabet (IPA) untuk pronunciation guidance.

Baca juga : Mahasiswa Wajib Tahu! Tips Ampuh Membagi Waktu Antara Kuliah Dan Organisasi

Nah, itu dia beberapa tips belajar TOEFL di rumah yang dapat kamu diikuti. Perlu diingat bahwa perlu adanya konsistensi agar dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Nikmati saja prosesnya. Ketika selalu berusaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, hasil yang didapat juga pasti akan sepadan.

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Ega Fitri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.