Administrasi Publik Belajar Apa Sih? Yuk Kita Kenalan!

Banyak yang mengira bahwa Administrasi Publik belajar mengenai hal yang berkaitan dengan keuangan. Terlebih lagi, kata administrasi sendiri diartikan sebagai kegiatan surat menyurat, berkelit dengan hitungan atau semacam akuntansi. 

Apakah kalian termasuk salah satunya? Jika iya, berarti kalian membaca tulisan yang tepat. 

Administrasi dalam arti sempit memang berkaitan tentang kegiatan catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Namun, administrasi secara luas diartikan sebagai kegiatan kerja sama yang dilakukan dalam organisasi dimana di dalamnya terdapat pengelolaan untuk mendayagunakan segala sumber daya untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. 

Sedangkan, publik bermakna masyarakat atau negara. Nah, Administrasi Publik yang kita bahas sekarang lebih luas dari tulisan “administrasi” yang biasa kalian lihat di salah satu ruang sekolah. Administrasi publik mengikuti makna administrasi secara luas. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa administrasi publik mempelajari tentang cara pengelolaan suatu organisasi publik dalam konteks kehidupan bernegara, yaitu Lembaga Legislatif, Yudikatif, dan Eksekutif. Sehingga administrasi publik lebih lekat dikaitkan dengan kebijakan publik yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Jadi, Apa yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Publik?

Secara garis besar, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini adalah seputar ilmu pemerintahan, sosiologi, ekonomi, politik, dan manajemen. Ilmu ini tidak bisa berdiri sendiri, sehingga membutuhkan ilmu-ilmu lain untuk menjadi dasar dalam menganalisis setiap masalah yang berkaitan dengan masalah publik dan kebijakan dari berbagai aspek kehidupan

Oleh karena itu, di jurusan ini banyak belajar tentang ilmu manajemen, khususnya manajemen organisasi. Kemampuan kepemimpinan dan mengelola organisasi akan di dipelajari dari mata kuliah seperti perilaku organisasi, manajemen publik, manajemen sumber daya manusia, dan masih banyak lagi tergantung kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi.

Selain itu, terdapat pula mata kuliah manajemen bencana, manajemen lingkungan, manajemen keuangan publik, dan manajemen risiko. Spesifikasi ini bertujuan untuk memberikan acuan dasar yang memudahkan dalam analisis kebijakan publik. 

Tentu saja yang paling penting dan selalu ada di setiap kampus yaitu mata kuliah kebijakan publik. Kemudian tidak lupa dengan mata kuliah hukum administrasi negara karena untuk menjadi administrator dan policy maker harus berjalan sesuai dengan aturan atau hukum yang berlaku di pemerintahan. Begitu pula titik akhir dari kebijakan publik yang dituangkan dalam bentuk peraturan yang berlabel hukum.

Administrasi Publik juga belajar tentang perkembangan teknologi, lho. Di zaman modern dimana perubahan terjadi secara cepat dan masyarakat yang dinamis menuntut pemerintah tidak hanya bekerja secara manual. Adanya kemajuan teknologi saat ini membuat semuanya serba elektronik, termasuk pelayanan publik oleh pemerintah. Maka di jurusan ini kamu akan belajar tentang e-goverment.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik

Luasnya hal yang dipelajari di Jurusan Administrasi Publik membuat prospek kerja lulusannya sangat luas. Secara umum lulusan jurusan ini diarahkan untuk terjun ke instansi pemerintahan baik dalam golongan PNS maupun non-PNS. Meski begitu, bagi kamu yang tidak tertarik bekerja di birokrasi pemerintah, instansi non-pemerintah juga banyak yang membutuhkan lulusan Jurusan Administrasi Publik. Misalnya Shopee, Gojek, dan banyak start up lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja lulusannya:

  1. Manager Organisasi Publik

Sebagai perusahaan milik pemerintah, di mana akan begitu banyak hubungan dengan pemerintah, lulusan Administrasi Publik cocok untuk menempati sektor keuangan dan perpajakan.

  1. Analis Kebijakan

Bagi yang gemar mempelajari buku-buku teori, menjadi peneliti di lembaga riset dapat menjadi pilihan. Pemerintah biasanya menggandeng lembaga riset untuk memberikan masukan-masukan berharga dalam memperbaiki birokrasi dan sistem kerjanya.

  1.  Administrator Pemerintahan

Sebagai administrator pemerintahan, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Baik di lingkup pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

  1. Politikus/Anggota Legislatif

Apabila tertarik dengan karir politik, lulusan administrasi publik cocok untuk menjadi seorang politikus. Kamu bisa memulainya dengan terjun ke partai politik atau bergabung dengan organisasi masyarakat nasional. Menjadi seorang politikus berpeluang untuk menjabat sebagai pemimpin pemerintah atau menjadi anggota parlemen.

  1.  Konsultan Pemerintahan

Konsultan pemerintahan adalah tenaga profesional yang memberikan jasa penasihat kepada organisasi publik. Tuntutan dan kebutuhan publik yang beragam dapat mengganggu berjalannya roda pemerintahan. Untuk itu, fungsi seorang konsultan pemerintahan adalah memberikan kontribusi konseptual dan praktis dalam proses perencanaan, implementasi serta evaluasi dari suatu tata pemerintahan yang baik.

  1. Tenaga Pendidik

Profesi tenaga pendidik atau dosen tidak ada matinya dan bisa menjadi alternatif bagi lulusan administrasi publik. Kebutuhan akan pendidikan yang semakin meningkat membuat profesi ini sangat menjanjikan.

  1.  Jurnalis

Lulusan dari Administrasi Publik tentu selalu dituntut untuk peka terhadap berbagai macam isu pemerintahan atau politik yang sedang hangat. Kemampuan untuk peka, mendata serta melaporkan di dalam ruang lingkup pemerintahan inilah yang tentunya sangat berguna untuk menjadi jurnalis yang tugasnya meliput berbagai macam berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan, yang menjadi prospek kerja sangat menjanjikan untuk lulusan ini. 

  1. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat

LSM adalah lembaga yang secara sukarela mau memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan olehnya. Kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan adalah membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat tertinggal, yang mana pada intinya membantu untuk membangun masyarakat sehingga dapat hidup dengan ideal, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Nah, bagaimana sekarang sudah lebih mengenal kan tentang Jurusan Administrasi Publik? Satu hal yang harus kamu ingat, bahwa jangan pernah membatasi diri hanya untuk sukses di jurusan atau bidang yang kamu pilih nanti. Belajarlah sebanyak mungkin. Manfaatkan jurusan yang kamu pilih sebagai batu loncatan untuk mencapai cita-citamu, juga sebagai senjata untuk kamu beradaptasi dengan tantangan yang ada di masa depan. https://www.pengenkuliah.com/2021/09/masih-belum-tahu-bedanya-administrasi.html

 

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Himatul Awaliyah Putri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.