Punya Problem Pertemanan? Simak 6 Cara Jitu dalam Berteman di Tempat Kuliah!


    

Dunia perkuliahan adalah lingkungan baru bagi anak SMA yang mana mempunyai bentuk yang berbeda dari lingkungan sebelumnya. Banyak perbedaan yang akan didapatkan mulai dari model pembelajaran, sistem pendidikan, tidak lupa pola pertemanannya.  


Problematika pertemanan di perkuliahan terlihat ketika sudah mulai menjadi kubu-kubu artinya temen-temen kamu sudah memiliki teman atau grupnya masing-masing sehingga cukup sulit untuk masuk berteman sama orang yang sudah berkubu. Karena akan ada kecanggungan baru diantara pertemanannya merasa kurang nyaman dengan orang baru.


Selain itu, seringkali mahasiswa ingin mendapatkan teman tetapi dengan cara yang salah, yakni berteman dengan siapapun padahal ia merasa kurang cocok. Upaya yang dilakukan untuk memaksa mencocokan diri dengan temannya ini jatuhnya akan seperti menyakiti sendiri. Karena sebenarnya setiap orang memiliki karakter pertemanan yang berbeda-beda. 

 

Seperti yang kita tahu bahwa kuliah itu bukan hanya sekedar mencari nilai IPK di atas kertas. Kuliah juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan values dan kompetensi kamu sebagai calon tenaga kerja di masa depan. 

Oleh karena itu, mahasiswa biasanya mengikuti organisasi, internship dan kepanitiaan untuk menambah teman serta pengalaman. Jadi, kita harus bisa membedakan mana yang tepat menjadi teman kerja dan teman yang sesungguhnya. Karena teman yang baik tentunya akan membawa kita berkembang lebih baik pula.

Lantas, bagaimana cara memilih teman kuliah yang tepat? 

  1. Kenali Dirimu dan Be Yourself!

Sebelum kamu mencari teman yang baik, kamu perlu mengenali dirimu sendiri. Cari tahu apa yang kamu inginkan dari sebuah pertemanan, apa yang kamu suka, dan orang yang seperti apa yang cocok dengan dirimu. Dalam proses ini kamu perlu menjadi diri sendiri, karena yang akan menjalani hubungan pertemanan adalah diri kamu bukan orang lain.

  1. Inisiatif

Karena kamu sudah tahu teman seperti apa yang ingin kamu cari, maka kamu perlu bergerak atas kemauanmu sendiri. Karena ada kalanya teman tersebut tidak datang dengan sendirinya. Caranya, kamu bisa membuka diri dengan siapapun dan jadilah pribadi yang menyenangkan.

  1. Jalin Komunikasi yang Baik

Ajak orang-orang yang kamu temui untuk berbincang tentang hal-hal yang kamu suka. Jalin komunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Dari perbincangan tersebut, kamu dapat menilai apakah mereka adalah orang yang kamu cari atau tidak. 

  1. Berani Katakan Tidak

Tidak jarang, ketika kamu sedang dalam proses mencari teman kamu akan bertemu dengan orang-orang yang tidak sesuai dengan prinsip atau tujuanmu. Pada momen ini, kamu perlu berani untuk mengatakan tidak kepada mereka. Dengan berani mengatakan tidak, kamu sebenarnya tidak sedang menyakiti orang lain, hanya saja kamu sedang menjaga nilai-nilai yang kamu yakini.

  1. Kejujuran yang Utama

Hubungan pertemanan yang baik diisi oleh orang-orang yang jujur. Apabila kamu menemukan teman yang tidak jujur denganmu, mulailah untuk berhati-hati. Karena satu kejujuran akan menciptakan kejujuran yang lain.

  1. Ikuti Banyak Kegiatan Kampus

Setiap kegiatan kampus memiliki tantangan dan rintangan tersendiri. Secara tidak sadar, kondisi ini akan mencerminkan kepribadian masing-masing orang. Dengan demikian, kamu dapat mencari orang-orang yang saru frekuensi denganmu. Carilah mereka yang memenuhi kriteria pertemanan versi kamu, melalui berbagai kegiatan kampus.

Tidak ada yang bisa menjamin kelancaran jalannya masa perkuliahan. Kamu akan menemukan banyak hal baru yang menarik. Sebagai mahasiswa, tentunya kamu juga akan merasakan momen-momen berat. Inilah sebabnya mengapa teman kuliah telah menjadi elemen penting dari masa kuliahmu.

Saat memilih teman kuliah, kamu harus benar-benar memperhatikannya. Karena memilih teman kuliah itu seperti dua sisi pisau. Jika kamu tidak hati-hati, kamu bisa akan terluka. Lebih penting lagi, kehidupan kampus sangat berbeda dengan kehidupan sekolah. Tujuannya adalah untuk menjaga teman-teman kuliah Anda dari menjadi racun bagi diri mereka sendiri.

Menemukan teman kuliah yang tepat adalah sebuah proses. Kamu mungkin tidak dapat menemukan semuanya sekaligus. Oleh karena itu, kamu perlu bersabar dan terus menjalankan perintah yang dapat disesuaikan sesuai dengan peranmu. Nah, sebelum menjajaki dunia perkuliahan, kalian harus sudah tahu nih, mau pilih jurusan apa. Kalau Sobat PK termasuk yang sudah tahu mau pilih jurusan apa atau masih bingung mau jurusan apa?. Klik link berikut untuk membantu menemukan tujuanmu saat kuliah! https://www.instagram.com/reel/CXL1KjqJJPB/?utm_medium=copy_link


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Himatul Awaliyah Putri)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.