Yakin Jurusan Farmasi Cuma Jaga Apotek Doang? Berikut 6 Prospek Kerja Farmasi!

http://bhaktiinsani.com/wp-content/uploads/2019/05/FARMASI-KLINIS-750x458.jpg

Kalian pasti sudah tidak asing dengan jurusan ini. Farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Di jurusan farmasi, kalian belajar mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Di sini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Jurusan ini bisa jadi pilihan yang cocok bagi kamu jika ingin berkecimpung di dunia medis selain menjadi dokter atau perawat. Farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan tentunya sangat diperlukan di dunia medis. Lulusan prodi Farmasi akan memperoleh gelar Sarjana Farmasi (S.Farm), dan dapat meneruskan pendidikan Apoteker untuk mendapatkan gelar Apoteker (Apt). 

Namun, masih banyak orang yang kurang memahami betul mengenai jurusan ini bahkan ada yang memandang rendah jurusan farmasi. Bahkan, orang-orang awam masih banyak yang menganggap kalau prospek kerja jurusan farmasi itu cuma apotek saja. Padahal, prospek kerja di jurusan farmasi ini sangat luas. Kalian bisa mengambil sesuai dengan peminatan yang disediakan oleh universitas yang akan kalian tuju. Contohnya di jurusan Farmasi UGM peminatan yang tersedia antaranya ada Farmasi Klinik dan Komunitas, Farmasi Bahan Alam, Farmasi Sains dan Teknologi, serta Farmasi Industri. Prospek kerja jurusan farmasi antara lain:

  1. Farmasi Industri

Akhir-akhir ini pekerjaan satu ini cukup ramai peminat terutama untuk mahasiswa lulusan farmasi. Lulusan farmasi biasanya ditempatkan pada bagian research and development (r&d) untuk menentukan formula, teknik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam membuat obat. Namun, banyak juga jurusan farmasi yang bekerja di bagian marketing atau penjualan produk. Jadi, kalian tidak perlu khawatir.

  1. Dunia Pendidikan

Jika kalian tertarik di bidang pendidikan, kalian bisa juga jadi guru atau dosen di jurusan farmasi. Namun, untuk menjadi seorang dosen kalian minimal harus menempuh pendidikan S2 di bidang farmasi.

  1. Lembaga Pemerintah

Lulusan farmasi juga bisa lho bekerja di lembaga resmi pemerintah. Contohnya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang mengurus pelegalan obat dan makanan. Di sini kalian bakal mengawasi peredaran obat dan makanan di seluruh Indonesia. Selain itu, sebelum produk tersebut diedarkan kalian juga perlu meneliti nih apakah kandungan produk itu sudah sesuai dengan standar yang ada.

  1. Pengusaha

Lulusan farmasi juga bisa lho menjadi pengusaha. Kalian bisa membuka apotek sekaligus menjadi apoteker di tempat kalian sendiri. 

  1. Peneliti

Jika kalian tertarik di bidang penelitian, kalian juga bisa nih kalau mau bekerja di sini. Kalian bisa bekerja di lembaga penelitian pemerintah seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Contohnya pada kasus covid-19 yang baru saja terjadi akhir-akhir ini. Banyak tenaga kesehatan terutama farmasi meneliti dan menemukan obat untuk menangani pandemi virus covid-19.

  1. Farmasi Klinik dan Komunitas

Ini cocok banget terutama untuk kalian yang suka untuk berinteraksi dengan orang lain dan mempunyai rasa simpati yang tinggi. Kalian bisa banget bekerja di rumah sakit atau sektor komunitas yang ada di daerah-daerah tertentu. 


Nah, itulah beberapa prospek kerja dari lulusan farmasi. Jadi, jangan khawatir untuk masuk di jurusan farmasi ya. Banyak banget, kan peluang kerjanya? Apakah kamu semakin tertarik untuk masuk ke jurusan Farmasi? Aku tunggu di Farmasi tahun depan yaa. See you !


Sumber

Anonim, 2021, Farmasi, https://rencanamu.id/cari-jurusan/kesehatan/farmasi, diakses pada tanggal 13 Oktober 2021 pukul 12.03

Anonim, 2021, Jurusan Farmasi Matematika dan IPA, https://campus.quipper.com/majors/id-farmasi, diakses pada tanggal 13 Oktober 2021 pukul 12.15

Anonim, 2021, Simak 10 Prospek Kerja Farmasi di Indonesia, https://www.gokampus.com/blog/simak-10-prospek-kerja-farmasi-di-indonesia, diakses pada tanggal 13 Oktober 2021 pukul 12.20


Keyword : Jurusan Farmasi, Farmasi, Pekerjaan jurusan farmasi


Imanuela Sagita Listi



Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.