Bingung Cara Tahan Belajar Berjam-jam? Begini Rahasianya!

Pernah nggak, sih, kamu merasa jenuh dan capek dengan belajar? Pasti pernah, dong! Rasa jenuh ketika belajar itu merupakan hal yang wajar dirasakan bagi setiap orang. “Tapi aku pengen bisa belajar sampai sore kayak orang-orang”. Nah, kalau kamu kepikiran bagaimana sih cara tahan belajar berjam-jam seperti itu? Yuk, simak dibawah!


Tips Belajar Berjam-jam bagi Kamu yang Tidak Suka Belajar!


Belajar adalah hal yang sulit dilakukan bagi pelajar. Pasti ada saja alasan yang kamu berikan saat harus belajar. Entah capeklah atau ingin refreshing! Itu semua tidaklah salah. Namun, kamu hanya perlu mengingat bahwa semuanya ada batasan waktu. Kamu bisa istirahat lalu lanjut belajar. Nah, bagaimana tips belajar berjam-jam?



Sumber : pexels/lilartsy


  1. Terapkan Pertanyaan 5W+1H di Otakmu


Kamu perlu memulai semuanya dengan bertanya pada dirimu. Kamu bisa memulainya dengan pertanyaan 'Kenapa aku harus belajar?' Galilah jawabannya dalam dirimu. Entah kamu belajar untuk ulangan atau untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus lagi kedepannya.


Pertanyaan ini memang terkadang membingungkan. Namun, setelah kamu tahu jawabannya kamu akan merasa bersemangat. Dengan pertanyaan ini kamu juga bisa menentukan target belajarmu. Apa saja yang ingin kamu raih. Dan mungkin saja ini merupakan teknik belajar yang bagus.


  1. Membangun Pola Pikir yang Positif


Ada saatnya kamu merasa tidak memahami materi yang sedang kamu pelajari. Itu tidak masalah. Kamu bisa mengulang-ulang materinya. Kamu tidak perlu untuk ngebut demi mencapai tujuanmu. Mulailah secara perlahan.


Selain itu, percayalah pada dirimu sendiri. Bangunlah pola pikir yang positif bahwa kamu bisa. Pola pikir yang positif akan membantu lebih rileks dan menikmati saat-saat belajar. Menghindarkan kamu dari rasa tertekan.


  1. Variasikan Belajarmu


Kamu tentu akan merasa bosan jika terus melakukan hal yang sama berulang-ulang. Misalnya saja kamu harus menonton materi berjam-jam. Bukannya paham mungkin kamu akan merasa pusing. Nah, kamu bisa memvariasikan cara belajarmu. Mulai dari menonton video pembelajaran, menghafal maupun mencatat materi yang ada.


Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan gaya belajarmu. Setiap orang pasti gaya belajarnya berbeda-beda. Carilah gaya belajar yang sesuai denganmu. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman dalam belajar.


  1. Singkirkan Hal yang Mengganggu


Ada kalanya saat sudah fokus dan menikmati waktu belajar, kamu merasa kesulitan menahan gangguan yang ada. Kamu tidak kuasa menahan hasrat tersebut dan terlanjur menyelesaikan belajarmu. Contohnya membuka handphone dan membaca notif pesan tapi kamu malah terlanjur men-scroll Tiktok sampai lupa waktu.


Kamu bisa mengendalikannya dengan menjauhkan hal yang mengganggu fokusmu. Cobalah untuk menahan hasratmu. Terapkan juga pola pikir bahwa kamu sudah terlalu nyaman belajar. Dan, yang ingin kamu lakukan adalah belajar bukan bermain handphone. 


  1. Beri Jeda


Walaupun kamu merasa bisa tahan berjam-jam, tetap saja kamu harus memberikan jeda sebentar agar otakmu tidak kusut. Berikan batas waktu untuk jeda ini. Misalnya saja dalam 25 menit belajar kamu akan memberikan waktu 5 menit untuk mengistirahatkan pikiran.


Ketika jeda, kamu bisa mengambil camilan ataupun melihat handphone sejenak. Namun, jangan sampai kebablasan. Kamu harus segera memerintahkan otakmu untuk kembali fokus dalam belajar. Jeda ini juga bisa dibilang mengisi kembali energimu. Tentu kamu tahu bahwa kamu tidak bisa memaksakan semuanya jadi dalam waktu sebentar. Nah, memberi jeda walaupun sebentar bisa membantumu menaikkan semangat untuk kedepannya.


Bagaimana sobat pejuang kuliah? Sudahkah kamu menerapkan langkah-langkah di atas? Itulah 5 tips yang mungkin bisa membantumu. Semoga semangat belajar! Jangan lupa untuk tetap fokus dan konsisten, ya!


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Widya)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.