Wahai Pejuang Skripsi, Ini Dia 3 Akun TikTok yang Dapat Menolongmu!

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/image/citrazahrani0247/5fdb8e9fd541df598c2a93a3/TikTok-5-akun-dengan-konten-bermanfaat?page=1


Halo Pejuang Kuliah!

Kalian sudah sampai mana nih kuliahnya? Masih mahasiswa baru, tingkat tengah, atau malah sudah mahasiswa akhir, nih? Wah, kalau kalian sudah menjadi mahasiswa akhir, tentunya kalian sudah sering meluangkan waktu buat kencan sama skripsi, bukan? Aw.. so sweet-nyaa..

Eeittss... bercanda, bercanda, kok. Okedeh, sobat PK! Penulis paham betul nih gimana rasanya menjadi mahasiswa akhir. Sebagai cobaannya, setiap hari seakan-akan dihantui dan dikejar-kejar oleh waktu sampai kepikiran sehingga berakhir gak melakukan apapun, ya (hehe). Akhirnya pun sering kehilangan semangat dan malah asik scroll medsos. 

Nah, gimana kalau kalian manfaatkan saja aktivitas rebahan (plus) scroll medsos ini dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk menunjang skripsimu. Salah satunya, yaitu dengan membuka TikTok dan carilah 3 akun di bawah ini:


1. @buiramira 

Siapa sih yang belum kenal dengan Ibu Ira? Warga TikTok tentunya sudah sangat mengenal beliau ini. Ditambah lagi beliau juga sudah banyak dibahas dalam artikel di blog atau website, lho. Ibu Ira (sebagai panggilan akrabnya) merupakan dosen Fikom di Unpad dengan pengikut TikTok-nya sudah mencapai 922,7K. Beliau juga dikenal sebagai dosennya Universitas Al-TikTokiyah karena kontennya yang sangat bermanfaat di dunia perkuliahan.

Ibu Ira membuat konten TikTok untuk sharing dan menebarkan edukasi (yang mayoritas kontennya) mengenai skripsi. Beliau biasa menyapa penontonnya dengan sebutan #skripsiwan-skripsiwati ketika menyajikan konten terkait skripsi. 

Adapun konten yang sudah sering dibagikan meliputi: konten tentang simulasi seminar proposal dan sidang skripsi (termasuk bagaimana cara menjawab pertanyaannya sesuai metode penelitian apa yang digunakan), tips mendapatkan nilai tinggi dalam ujian skripsi, tips semangat mengerjakan skripsi, materi metodologi penelitian, cara menghubungi dospem yang slowrespon, mengajari public speaking, dan masih banyak lagi. 

Bahkan saking bagusnya, banyak views yang menyarankan beliau untuk membuat channel Youtube agar durasinya lebih lama. Akhirnya, beliau juga memiliki channel Youtube dengan nama Buiramira Official.


2. @tyasnastiti

Konten kreator yang kedua ini juga tidak kalah keren dari yang sebelumnya. Pemilik akun yang kerap disapa Mbak Yas ini merupakan seorang dosen yang mengajar DKV. Mbak Yas juga memiliki panggilan khusus buat menyapa views-nya, yaitu dengan sebutan #mahasol. Ternyata, akun TikTok Mbak Yas ini juga sudah verified (centang biru), lho. Itu tandanya sudah banyak views yang berminat dengan konten yang beliau sajikan sehingga pengikutnya juga banyak (saat ini sudah terhitung sebanyak 324,4k pengikut).

Beliau menyajikan konten seputar perkuliahan terutama tentang skripsi. Mulai dari bagaimana tips mencari judul skripsi, tips membuka presentasi, memberikan edukasi mengenai metodologi penelitian, menyajikan bagaimana simulasi ujian proposal atau skripsi, dan masih banyak lagi.


3. @scaleup.yourlife

Lalu terakhir, ada juga akun yang tidak kalah dari akun-akun sebelumnya, nih. Akun milik Ibu Icha atau yang warga TikTok kenal dengan sebutan Aunty-nya Mahasiswa ini sudah memiliki pengikut sekitar 194,3k. Nah, sudah banyak juga, bukan? Benar, Ibu Icha juga menjadi salah satu kreator TikTok yang sangat membantu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, lho.

Hampir semua kontennya adalah seputar skripsi. Konten yang disajikannya seperti tips tentang bagaimana menyelesaikan skripsi dalam waktu singkat, tips terkait penulisan skripsi (seperti cara membuat abstrak, latar belakang, dan lain-lain), tips menjawab pertanyaan sulit saat sidang skripsi, dan lain sebagainya. Feed yang ditampilkan pun sangat rapi dengan cover konten yang konsisten sehingga dapat memudahkan views untuk menemukan konten yang sedang dicari.


Itu dia sobat PK, 3 akun TikTok yang dapat membantu kalian dalam mengerjakan skripsi. Memang tidak hanya 3 akun itu saja yang membahas tentang perskripsian di TikTok. Namun bagi penulis, ketiga akun tersebut adalah yang paling klik dan cocok sehingga galeri pun sudah penuh dengan video-video dari akun tersebut.

Sobat PK, semangat terus ya dalam mengerjakan skripsi! Meski terkadang ada rasa ingin berhenti, it's okey kok. Itu hanya cobaan sekejap saja (percayalah). Memang berat kan kalau ingin mendapatkan apa yang kita inginkan? So, jangan menyerah! Okedeh, semoga artikel ini bisa membantu dan semoga bermanfaat, ya.

Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Sibghoo_)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.