SEDANG BELAJAR BAHASA ASING? SIMAK KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN SAAT MEMPELAJARI BAHASA ASING

         

                                                                        Designed by Canva

            Kemampuan berbahasa asing salah satunya bahasa Inggris sudah menjadi suatu keharusan di era globalisasi. Kemampuan ini tidak hanya memberi keuntungan di dunia kerja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang mampu berbahasa Inggris dengan baik, maka relasi yang bisa dibangun oleh orang tersebut semakin luas dan banyak.

Para ahli bahasa percaya bahwa pembelajaran bahasa dimulai dari “diam,” seperti halnya bayi-bayi yang baru belajar Bahasa dengan mendengar dan menirukan bunyi. Kita pun perlu melatih mendengarkan saat mempelajari bahasa asing. Dengan cara ini, kita dapat menambah kosakata dan mempelajari struktur Bahasa. 

Kompetensi Listening  adalah kemampuan yang kita gunakan setiap hari, namun ini tidaklah mudah dilatih kecuali kita memang telah tinggal di negara asing atau mengikuti kelas bahasa secara intensif. Solusinya bisa dengan mendengarkan musik, podcast, serial TV dan film yang dibawakan dalam Bahasa asing yang kita pelajari dan teruslah berlatih mendengarkannya sesering mungkin.

Memang, mempelajari bahasa baru memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang “takut” untuk belajar bahasa asing dengan alasan bahwa menguasai suatu bahasa baru sangat sulit dan nearly impossible sehingga mereka merasa demotivasi dan memutuskan tidak melanjutkan sama sekali. Berikut kesalahan paling umum dalam belajar bahasa asing.

  1. Tidak aktif melatih penggunaan bahasa asing

Bisa memahami dan menggunakan bahasa asing adalah skill berbahasa. Jika kamu masih malu untuk menggunakan bahasa tersebut secara aktif kamu tidak akan pernah ber-progress. Mempelajari bahasa memang berbeda dengan mempelajari ilmu pengetahuan. Jadi, jangan perlu takut dan malu untuk membuat kesalahan ketika menggunakan bahasa asing. Practice makes perfect!

  1. Hanya menggunakan satu metode pembelajaran

Kemampuan dalam berbahasa memang bukanlah sesuatu yang bisa dikuasai secara instan. Setiap harinya pasti kalian akan menemukan kata-kata baru yang tidak kamu pahami. Jika metode kalian hanya menggunakan textbook, aku rasa tidak akan cukup. Kalian bisa menggunakan metode lain seperti menonton film, mendengarkan lagu, atau bahkan berbicara dengan orang asing melalui sosial media.

  1. Tidak menetapkan tujuan spesifik

Goals yang terlalu umum akan membuat kamu kebingungan  di tengah jalan. Jadi, kalian harus bisa mempersiapkan goals spesifik. Hal ini contohnya “aku akan mempelajari Bahasa Inggris tahun ini agar bisa mendapat nilai TOEFL yang memuaskan” atau “aku ingin belajar Bahasa Inggris karena aku ingin bersekolah di luar negeri”. Goals ini bisa kalian buat sesuai dengan keinginan kalian.

  1. Terpaku dengan terjemahan per-kata

Penguasaan kosakata memang sangat berpengaruh dalam kemampuan bahasa asing. Namun, kamu tidak bisa menerapkannya dalam merangkai suatu kalimat atau frasa karena pola kalimat tentu akan berbeda setiap bahasa. Selain memperkaya kosakata, kita perlu mempelajari frasa dan grammar.

  1. Mempelajari bahasa asing sebagai beban

Ini, nih! Mindset yang paling ampuh membuat orang demotivasi. Belajar bahasa tidak perlu terburu-buru. Pengguna bahasa asli dan fasih dalam menggunakan bahasa asing sebagai bahasa kedua pasti memiliki banyak perbedaan. Belajar bahasa asing harus kalian nikmati. Minat dan rasa ingin tahu akan sangat dibutuhkan di sini untuk memasuki dan mengasah kemampuan dalam bahasa asing.

Pernyataan di atas adalah lima kesalahan dalam mempelajari bahasa asing. Tetap semangat dan selamat belajar dalam mempelajari bahasa asing.

 

Sumber Referensi:

Anonim. 2016, 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mempelajari Bahasa Asing, https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/5-kesalahan-yang-sering-terjadi-saat-belajar-bahasa/, diakses tanggal 23 Oktober 2021 pukul 10.06.

Anonim, 2017, 5 Kesalahan Paling Umum Dalam Belajar Bahasa Asing yang Bisa Membuat Kamu Demotivasi. https://rencanamu.id/post/life/how-to/5-kesalahan-paling-umum-dalam-belajar-bahasa-asing-yang-bisa-membuat-kamu-demotivasi, diakses tanggal 23 Oktober 2021 pukul 10.08

Anonim, 2020, Ini 7 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan,, https://www.cermati.com/artikel/ini-7-kesalahan-dalam-belajar-bahasa-inggris-yang-sering-dilakukan, diakses tanggal 23 Oktober 2021 pukul 10.04.


IMANUELA SAGITA LISTI


Author Pengen Kuliah
Dipublikasikan oleh Admin (Imanuela Sagita)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.