Teknik Belajar Podomoro Cocok Buat Kamu yang Susah Fokus

 

Sumber: kreativv.com

Scroll Ig bentar doang nggak pa-pa kali ya? Eh, bikin konten TikTok dulu ah. atau Rebahan bentar deh, nanti lanjut belajar lagi.

Halo, sobat PK! Mendengar kata belajar rasanya sudah tidak asing lagi ya bagi kita semua. Sebagai siswa dan mahasiswa, belajar merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap harinya. Dengan adanya proses belajar yang dilakukan secara terstruktur akan mendapatkan hasil yang maksimal, lho.

Lalu, siapa nih yang ketika belajar tiba-tiba kehilangan fokus dan malah bermain gadget sampai lupa waktu? Keasyikkan scroll di Instagram atau TikTok dan melupakan tujuan utama kalian yaitu belajar. Hayo, ngaku!

Eits... tenang-tenang, kalian nggak perlu resah lagi. Penulis punya solusi buat kalian agar tetap fokus selama belajar. Penasaran? Yuk, langsung saja baca ulasan di bawah ini!

Mengenal Teknik Belajar Podomoro
Di tahun 1980-an, seseorang dari Italia bernama Francesco Cirilio mengenalkan metode manajemen waktu yang disebut teknik belajar podomoro. Dalam bahasa Spanyol podomoro artinya tomat. Dikenal dengan nama podomoro karena saat Francesco masih menjadi mahasiswa, ia menggunakan pengatur waktu untuk belajar dengan memanfaatkan kitchen timer yang berbentuk tomat.

Dulu saat dibangku kuliah Francesco mengalami kesulitan untuk tetap fokus saat belajar. Oleh karena itu, akhirnya Francesco menemukan solusi agar belajar menjadi efektif dan efisien. Teknik podomoro ini merupakan teknik fokus dengan menggunakan interval selang waktu. Jadi, jika ingin menerapkan teknik belajar podomoro yang kalian perlukan yaitu timer Hp atau jam beker.

Teknik belajar podomoro ini dapat membuat kita memanajemen waktu dengan baik. Dengan teknik ini, kalian dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan mengurangi risiko kelelahan mental akibat dari tugas yang tak kunjung usai. Oleh karena itu, teknik podomoro ini dapat menjadi opsi yang harus kalian terapkan saat belajar atau mengerjakan tugas.

Menerapkan Teknik Belajar Podomoro
Sumber: kemenkeu.go.id

Teknik belajar podomoro menuntut kita untuk bisa fokus selama selang waktu tertentu. Waktu yang digunakan misalnya selama 25 menit. Jika waktu sudah habis, kalian harus beristirahat selama 5 menit. Cara tersebut dapat kalian ulangi sampai 4 babak. Lalu, kalian bisa beristirahat lebih lama. Namun, dengan catatan tidak boleh lebih panjang daripada waktu untuk kalian bisa fokus. Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik belajar podomoro?

1. Siapkan Materi atau Tugas yang Harus Dikerjakan
Pertama, kumpulkan tugas, buku, bahan sumber belajar, laptop dan alat tulis untuk bisa memulai aktivitas belajar. Jika tugas yang diberikan ada banyak, maka kalian bisa membuat to do list dengan waktu pengumpulan yang terdekat. Dengan begitu akan memudahkan kalian untuk mulai mengerjakan tugas.

2. Jauhi Distraksi
Langkah yang kedua ini sangat penting agar tidak mengganggu fokus kalian saat tengah belajar. Oleh karena itu, jauhi distraksi seperti mematikan notifikasi ponsel, mengubahnya menjadi mode silent dan tutup browser di laptop yang tidak diperlukan. Selain itu, menjauhkan makanan dan hal yang dapat mengganggu fokus kalian selama belajar.

3. Set Timer
Sebelum kalian memulai belajar, atur waktu terlebih dahulu. Di sini kalian dapat menggunakan timer Hp atau jam beker. Ingat, set waktu selama 25 menit, ya.

4. Fokus Mengerjakan Tugas
Agar kalian tetap fokus, maka jangan melihat timer yang sedang berjalan agar konsentrasi kalian tetap terjaga. Dengan begitu pemahaman kalian menjadi maksimal saat mempelajari suatu materi.

5. Setelah Timer Berbunyi, Berhenti Mengerjakan Tugas
Jika timer sudah berbunyi meskipun tugas yang sedang kalian kerjakan belum selesai, tetap harus istirahat, ya. Hal ini dilakukan agar otak kalian bisa rileks.

6. Istirahat Selama 3-5 Menit dan Melanjutkan Tugas
Istirahat dapat diisi dengan makan camilan atau minum jus favorit kalian, ya. Selain itu, kalian juga bisa melakukan peregangan otot ringan agar saat kembali belajar bisa lebih fokus dan rileks. Ingat, jangan terlalu lama karena kalian harus kembali menyelesaikan tugas yang ada.

7. Lakukan teknik di atas sebanyak 4 kali
Ketika poin nomor 3 sampai 6 sudah kalian lakukan sebanyak empat kali, maka kalian dapat memperpanjang waktu istirahat menjadi 15-30 menit. Tetapi, dengan catatan tidak boleh lebih panjang daripada waktu untuk kalian bisa fokus.

Nah, bagaimana sobat PK sudah tertarik untuk mencoba teknik belajar podomoro? Ingat, kunci keberhasilan dari teknik ini yaitu fokus yang tinggi. Namun, saat kalian pertama kali mencoba menerapkan teknik belajar podomoro tentu tidak langsung berhasil, ya.

Bisa saja dibutuhkan waktu selama 7 sampai 20 hari agar berhasil menggunakan teknik belajar podomoro. Mengapa demikian? Karena seperti yang kita ketahui bahwa terkadang kita lupa diri jika sudah terdistraksi dengan hal lain. Tetap semangat sobat PK!




Dipublikasikan oleh Admin (Evy Nazilatun)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.