5 Hal Menarik Yang Bisa Kamu Dapatkan di Jurusan Ilmu Perpustakaan


Halo Pejuang Kuliah! 
Sudah tahu tentang jurusan ilmu perpustakaan belum? Sebenarnya, apa saja sih yang akan dipelajari di jurusan ini? 
Di jurusan ilmu perpustakaan, kamu tidak hanya belajar seputar buku-buku lho! Ada banyak sekali yang bisa kamu pelajari di sini. Mata kuliah yang kamu dapatkan juga sesuai dengan perkembangan zaman khususnya di era society 5.0. Yuk, kenali lebih jauh lagi tentang jurusan ini!

1. Sistem Layanan Perpustakaan

Sesuai dengan namanya, tentu di jurusan ini kamu akan mendapatkan mata kuliah seputar perpustakaan. Ada banyak jenis-jenis perpustakaan, mulai dari yang bersifat fisik maupun nonfisik. Perpustakaan di era society 5.0 ini sudah mulai beralih ke sistem digital, di mana teknologi menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan perpustakaan. Maka dari itu, kamu juga akan banyak mempelajari tentang teknologi yang dipakai dalam pelayanan di perpustakaan. Bagi kamu yang suka berkunjung ke perpustakaan, jurusan ini sangat cocok untukmu.

2. Pengarsipan

Pengarsipan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu instansi, lembaga, serta negara. Arsip itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya arsip statis dan arsip dinamis. Keduanya memiliki cara pengelolaannya masing-masing. Dalam mengelolanya pun diperlukan pengelola yang profesional di bidangnya. Maka dari itu, keterampilan pengarsipan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja baik dari pemerintah maupun swasta. 
Mata kuliah ini juga sesuai untuk siswa SMK khususnya jurusan Administrasi. Tidak sedikit mahasiswa di jurusan tersebut yang melanjutkan pendidikan ya di jurusan ilmu perpustakaan. Materi yang dipelajari pun tidak jauh berbeda dengan pelajaran sewaktu di SMK. 

3. Penelusuran Sumber Informasi

Saat ini, informasi telah banyak tersebar luas di berbagai media online maupun offline. Sebagai masyarakat informasi, manusia akan melibatkan informasi dalam setiap sendi kehidupannya. Untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat diperlukan pengetahuan tentang penelusuran sumber informasi. Sumber informasi tersebut dapat berupa sumber primer, sekunder, dan tersier. Dan kamu akan mempelajari jenis-jenis sumber informasi tersebut dengan lebih mendalam. Dengan keterampilan ini, kamu dapat menentukan sumber informasi seperti apa yang layak untuk kamu jadikan sebagai rujukan.

4. Pengelolaan Data

Informasi yang disajikan kepada khalayak umum tidak terlepas dari proses pengelolaan terhadap suatu data. Data tanpa disertai proses pengolahan tidak dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Maka, diperlukan adanya pengelolaan data agar datum-datum yang telah dikumpulkan tersebut dapat diterima masyarakat dalam bentuk informasi.  Dengan begitu, lahirlah sebuah pengetahuan baru untuk dinikmati publik.

5. Web Development

Tidak kalah menarik dengan yang lainnya, di jurusan ilmu perpustakaan juga terdapat mata kuliah yang membahas tentang cara mengembangkan website. Kemampuan web development mulai banyak diminati oleh masyarakat di era ini. Seiring dengan bertebarannya informasi-informasi di masyarakat, maka diperlukan suatu wadah untuk menampung ledakan informasi tersebut. Apalagi di era society 5.0 ini, website menjadi cara alternatif bagi masyarakat untuk mencari informasi atau hanya sekedar hiburan. Di jurusan ini, kamu tentunya akan belajar tentang cara membuat tampilan website agar lebih menarik dan mudah diakses oleh masyarakat.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan jurusan ilmu perpustakaan? Atau ingin mengeksplorasi jurusan-jurusan perkuliahan yang lainnya? Yuk, klik di sini!



Dipublikasikan oleh Admin (Safanah Nur Adzikra)

Pengen Kuliah ~ Partner Merangkai Impian
Punya penemuan? atau punya ide menarik? atau punya tulisan/gagasan/pengalaman yang ingin dibagikan? Kirim tulisanmu ke webinfokuliah@gmail.com .
Mau dapet info ter-up-to-date setiap hari? Klik di sini dan temukan pengenkuliah di platform favoritmu!

Post A Comment

1 komentar :

  1. Wah, ternyata Ilmu Perpustakaan juga mempelajari web development ya. Keren keren 😱

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang berpendidikan yang senantiasa menjaga etika.
2. Komentar tidak boleh menyinggung SARA, Porno, dan sejenisnya
3. Dilarang menggunakan akun Anonim.